Nasional

Dukung Poskora dan Bakorsi, Partai Demokrat Jambi Siap Sinergi dengan Forkom Relawan ABW Jambi

Nusantarakini.com, Jambi –

Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan Provinsi Jambi (Forkom Relawan ABW Jambi) yang saat ini berisi 20 (dua puluh) simpul jaringan di Jambi, berinisiatif mengajak Partai Demokrat, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jambi, yang sudah tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), untuk duduk bersama berdiskusi merumuskan strategi-strategi untuk terus meningkatkan elektabilitas Anies; sekaligus bekerjasama memenangkan pilpres dan pileg 2024.

Admin Forkom Relawan ABW Jambi, Muhammad Agus Widiyanto, menyampaikan bahwa pihaknya secara resmi berkirim surat untuk beraudiensi kepada ketiga parpol koalisi pengusung Anies Baswedan.

“Agenda utama kami adalah tawaran bekerja sama dan sinergi, dalam program Posko Rakyat (POSKORA) dan Badan Koordinasi Saksi (BAKORSI),” terang Ketua DPW Jarnas ABW Jambi ini kepada Nusantarakini.com, Jambi, Minggu (16/7/2023).

Agus menceritakan, DPD Partai Demokrat Jambi merespon dengan cepat. Surat yang terkirim Rabu Siang, 12 Juli 2023 langsung direspon oleh pengurus pada sore harinya. Sehingga diadakanlah audiensi antara Forkom Relawan ABW Jambi dengan DPD Partai Demokrat Jambi Pada Jum’at siang, 14 Juli 2023 pukul 14.00 – 15.30 di aula kantor DPD Partai Demokrat Jambi, di Kawasan Telanaipura Kota Jambi.

“Audiensi ini diikuti oleh 15 orang, yang terdiri dari simpul-simpul relawan yang tergabung di Forkom Relawan ABW Jambi, Pengurus Harian DPD Partai Demokrat Jambi, BAPPILLU dan beberapa caleg Demokrat,” ucapnya.

Syamsu Rizal, Sekretaris DPD Partai Demokrat, sebagai moderator yang memandu jalannya audiensi ini; pada pengantarnya menyatakan bahwa perlu sekali komunikasi dan kerja sama saling menguntungkan (simbiosis mutualisma) antara Partai Demokrat dengan simpul-simpul relawan Anies Baswedan Jambi yang tergabung dalam FORKOM.

“Kami sangat berharap audiensi ini menjadi awalan yang baik bagi para pendukung Anies di Jambi dalam berkomunikasi dan kerjasama program,” ucap Rizal.

Selaku Admin Forkom Relawan ABW Jambi, dalam audiensi tersebut, Agus juga memaparkan secara singkat dan padat tentang latar belakang POSKORA dan BAKORSI. Bahwa program ini dlakukan secara nasional, termasuk di Jambi. Teknis di lapangan memerlukan kerjasama dan dukungan banyak pihak.

“Juga tantangan yang dihadapi dan peluang bekerjasama sinergi dengan para caleg maupun pengurus Partai Demokrat secara berjenjang,” ucapnya.

Selanjutnya Apriansyah, Ketua simpul Rumah Gadang Jambi, yang sudah membuka POSKORA di depan Rumah Sakit Kambang, di daerah Sungai Kambang Kota Jambi, memaparkan pengalamannya di lapangan. Bahwa temuannya di lapangan ternyata masih banyak masyarakat awam yang belum kenal wajah Anies, belum paham bahwa Anies adalah Capres, sosok serta karya-karyanya juga belum tahu dan sebagainya.

“Sehingga perlu sekali untuk melakukan program sosialisasi Anies melalui POSKORA ini, hingga pelosok daerah. Karena umumnya warga perkotaan yang akrab dengan gadget dan medsos, lebih melek terhadap info tentang Anies,” terang Apri.

Lebih lanjut, Jhon Herman, Ketua GARNIES Jambi menambahkan bahwa sebenarnya dengan adanya POSKORA dan BAKORSI ini, partai-partai  politik sangat diuntungkan. Karena sudah tersedia tempat untuk bersosialisasi di masa kampanye, serta sudah tersedia relawan-relawan saksi yang siap di TPS-TPS.

“Karena itulah berharap partai Demokrat beserta para caleg-nya mau mendukung serta bekerja sama hingga di lapangan,” tutur Jhon.

Paparan terakhir oleh Yulia Rochyani, Korwil Kompas Jambi, menjelaskan bahwa saat ini simpul-simpul relawan sudah melakukan rekrutmen anggota BAKORSI. Untuk BAKORSI Provinsi Jambi sudah ada 100 orang dari berbagai simpul, yang sudah siap untuk dikukuhkan.

“Selanjutnya, diharapkan bahwa di tiap kota/kabupaten juga ada 100 anggota BAKORSI, tiap Kecamatan ada 100 anggota, hingga tiap desa/kelurahan di Jambi ini juga masing-masing punya 100 anggota BAKORSI. Sehingga bila di total, perlu setidaknya 170.600 relawan untuk menjadi anggota BAKORSI,” ungkap Yulia.

“Sedangkan kebutuhan real untuk menjadi relawan Saksi TPS sejumlah 22.340, sesuai jumlah TPS yang ada di Jambi yaitu 11.170 buah, dengan minimal 2 relawan saksi tiap TPS nya,” imbuhnya.

Pada sambutan balasan dan dilanjutkan dengan paparan, H. Mashuri ketua DPD Partai Demokrat Jambi, menyambut positif audiensi berikut paparan dari Forkom Relawan ABW Jambi. Karena sesuai dengan program-program Partai Demokrat. Apalagi pada 9 April 2023 lalu ada Commander’s Call dari AHY, yaitu bahwa target Partai Demokrat adalah menang di pileg dan Anies menjadi presiden. Sehingga Demokrat saat ini terus melakukan konsolidasi, sesuai tahapan-tahapan Pemilu.

H. Mashuri menyebutkan bahwa saat ini DPD Partai Demokrat Jambi sedang menyiapkan Juru Kampanye (jurkam) di seluruh wilayah Jambi. Juga menyiapkan saksi di TPS hingga seluruh saksi TPS terpenuhi. Persiapan saksi ini sudah dilakukan pendataan by name, by phone dan by address. Untuk itu antara Partai Demokrat dan Forkom Relawan ABW Jambi bisa melakukan pembagian wilayah dan beradu data agar saling melengkapi.

“Berhubung waktu Pemilu semakin dekat, kami persilahkan kantor DPD Partai Demokrat Jambi beserta ruang aula dan fasilitas lainnya digunakan untuk berkoordinasi dan berkegiatan lainnya,” tutur Mashuri.

Dari Forkom Relawan ABW Jambi juga menyambut gembira atas sambutan Partai Demokrat Jambi ini, dan berharap terjalin komunikasi yang baik dan kerjasama sinergi. Audiensi ini ditutup dengan berfoto bersama, dilanjutkan dengan ramah tamah. [mc]

Terpopuler

To Top