Nasional

Bakorsi Kota Jambi Berharap Relawan AMIN Melebur jadi Gerakan Perubahan Rakyat

Dialog Bakorsi Kota Jambi saat Halal bi Halal di Cafe Allbaik Jambi/ISTIMEWA

Nusantarakini.com, Jambi –

Badan Koordinasi Saksi Relawan Anies Baswedan (BAKORSI) Kota Jambi mengusulkan Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar melebur jadi Gerakan Perubahan Rakyat (GAPURA). Hal ini mengemuka pada halal bi halal dan dialog BAKORSI Kota Jambi, yang diadakan Jum’at Sore, 3 Mei 2024 di Cafe Allbaik di kawasan Beringin, Kota Jambi. Dihadiri oleh 30 orang, dari berbagai simpul relawan yang tergabung di BAKORSI.

Ketua BAKORSI Kota Jambi yang juga ketua GARNIES Kota Jambi, Buhari, menyampaikan bahwa perlu usaha ekstra untuk mengumpulkan kembali anggota BAKORSI. Menurutnya, BAKORSI berhasil membangun prinsip bahwa perjuangan ini bukan sekedar menang kalah, tetapi semangat tetap menjalankan prinsip-prinsip keutamaan.

“Sehingga sangat berharap tetap memelihara komunitas yang sudah terbentuk ini. Terpelihara dengan prinsip-prinsip sosial, yaitu saling asah asih dan asuh,” ucap Buhari dalam sambutannya, Jambi, Jumat (3/5/2024).

Sementara itu, Ketua BAKORSI Provinsi Jambi, yang juga ketua JARNAS ABW Jambi, Muhammad Agus Widiyanto, dalam sambutannya me-review pesan-pesan Anies Baswedan dan perjalanan BAKORSI di Jambi.

Menurut Agus, pesan-pesan Anies Baswedan yang disampaikan di Mahkamah Konstitusi, Penetapan KPU, Halal bihalal HMI di Yogyakarta, Silaturahmi di Surabaya dan saat pembubaran Timnas AMIN; benang merahnya yaitu: “Kita hormati proses berbangsa dan bernegara ini hingga tuntas, komitmen untuk tetap pada barisan perubahan, dan jeda minta waktu untuk berfikir.

“Sehingga para relawan BAKORSI tidak perlu bingung terhadap isu-isu tentang pendirian partai perubahan, dan pendirian ormas, maupun  isu-isu lain yang tersebar luas di WhatsApp group maupun medsos lainnya,” ucapnya.

Agus juga menceritakan bahwa perkembangan BAKORSI di Jambi sangat dinamis. Bergerak mulai Juli 2023, lalu berkontraksi hebat pada awal September dengan keluarnya Partai Demokrat dari Koalisi Perubahan. Tim 100 provinsi yang siap dilantik saat itu, akhirnya harus di susun ulang (restart), karena banyak yang mundur.

“Akhirnya Bakorsi Provinsi Jambi berhasil dikukuhkan pada 24 November 2023. Selanjutnya juga berhasil menyusun kepengurusan di Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Tebo. Selama 2,5 bulan berjalan, BAKORSI Jambi berhasil merekrut 3.000 lebih saksi pilpres,” terang Agus.

Para Relawan BAKORSI Kota Jambi tetap semangat dan berkomitmen pada barisan perubahan bersama Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

Selanjutnya adalah sesi dialog yang dipandu Erizal dari ABCentre. Dialog berlangsung sangat antusias. Uneg-uneg dan usulan banyak disampaikan. Di antaranya oleh ibu Gustilawati dari NU. Berharap semangat luar biasa dari relawan tetap terjaga.

Disambung oleh Habib Sugito dari APINDO menyebutkan bahwa berdasar pengalamannya ikut 5 kali pilpres langsung, bahwa pemilu 2024 adalah yg terburuk, sangat terasa cawe-cawe presiden dan aparatur di lapangan. Berharap prabowo sebagai presiden terpilih, balik arah sehingga tidaknlagi dibawah kendali Jokowi.

Iswanto dari Jarnas ABW memaparkan bahwa secara kelembagaan, BAKORSI sudah bubar. Tapi sebagai sebuah gerakan harus tetap berjalan. Totalitas sebagai semangat berjuang. Perjuangan ini adalah memperjuanhan nilai-nilai kebenaran. Kebenaran di mata Tuhan dan nilai-nilai universal. Nilai-nillai yang perlu dirawat, sehingga wajib menata hati dan perasaan. Mengajak para relawan untuk tetap tegak dan percaya diri menatap kedepan.

Erizal dari ABCentre mengusulkan nama GAPURA, singkatan Gerakan Perubahan Rakyat. Untuk mewadahi para relawan yang setia di barisan perubahan bersama Anies Baswedan. Untuk itu perlu segera dibentuk tim kecil untuk merumuskannya.

Damai Idianto dari AFC mengakui bahwa kita kalah finansial. Politik uang sangatlah terasa dan terang-terangan. Masyarakat sangat pragmatis, yaitu memilih berdasar uang yang didapat.

Heri dari AP24 sangat khawatir bahwa suara rakyat tidak lagi didengar. Berharap hak angket tetap bergulir. Serta legislator dari partai koalisi perubahan berani bersuara.

Sebagai kata penutup Buhari menegaskan bahwa kewajiban manusia adalah berikhtiar. Berharap untuk berhenti berkeluh kesah tentang kekalahan dan kecurangan. Masa depan masih panjang, di depan ada pilkada, sehingga pengalaman dan ilmu dari BAKORSI dapat dimanfaatkan. [mc]

Terpopuler

To Top