Nasional

Jubir Anies Blak-blakan, Hasil Pertemuan Tim Kecil di Rumah Anies Sepakat Deklarasi Dukung ABW

Nusantarakini.com, Jakarta –Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said menjelaskan apa yang menjadi hasil pembicaraan dalam pertemuan Tim Kecil dengan Anies Baswedan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Jumat (27/1/2023) adalah untuk mempersiapkan deklarasi Koalisi Perubahan.

Bakal Koalisi Perubahan yang sejauh ini disebut bakal digawangi tiga parpol itu disebut akan mengusung Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, seluruh tahapan dan persiapan deklarasi berjalan dengan baik. Saat ini, kata Sudirman, tim kecil sedang menunggu PKS sebagai upaya untuk menghormati masing-masing internal parpol.

Seperti diketahui, sejauh ini NasDem dan Demokrat sudah sepakat untuk mengusung Anies sebagai capres. Meski belum ada dukungan dari PKS, tapi menurut Said itu bukan sebagai suatu persoalan. Ia menegaskan bahwa persiapan koalisi masih berjalan dengan baik.

“Seluruh tahapan itu berjalan dengan baik dan tinggal menunggu tentu menghormati masing-masing partai politik karena masing-masing punya mekanisme internal,” ujarnya.

Adapun, pertemuan di kediaman Anies Baswedan ini turut dihadiri oleh sejumlah petinggi dari ketiga Parpol. Diantaranya; Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, Juru Bicara PKS Pipin Sopian, Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto, Wakil Ketua DPP NasDem Willy Aditya, dan sejumlah politisi lainnya.

Said menegaskan, bahwa semua pihak yang hadir dalam pertemuan ini sudah sepakat untuk menyiapkan deklarasi. Hanya saja, Said masih belum membocorkan secara detail kapan deklarasi itu dilakukan.

“Kami berdelapan ini akan menyiapkan diri untuk bersiap-siap melakukan deklarasi bersama pada waktunya,” tuturnya.

Selain itu, Sudirman mengatakan pertemuan tersebut dilaksanakan untuk mendengar progres internal tiga parpol yang akan berkoalisi.

“Hari ini bertemu untuk mendengar berbagai progres atau update dari masing-masing parpol. Yang paling baru, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengeluarkan statement tentang pencalonan Anies,” kata dia.

Pihaknya pun mensyukuri progres tersebut, terutama atas pernyataan langsung AHY yang menyerahkan pilihan bakal calon wakil presiden kepada Anies.

“Kami syukuri sebagai salah satu progres karena dengan begitu kita sudah mendekati 20 persen, tinggal 1 partai lagi,”katanya.

Sudirman Said juga mendoakan agar PKS turut serta mengeluarkan pernyataan yang sama seperti AHY dalam waktu dekat. Tim kecil Anies, kata Sudirman, masih menunggu proses internal PKS yang sedang berlangsung.

“Mudah-mudahan (internal PKS) dalam proses finalisasi. Tadi bersepakat secara paralel menyiapkan deklarasi bersama. Artinya semua tahapan berjalan dengan baik,” kata dia. Sumber: Hajinews.id [dbs/mc]

Terpopuler

To Top