Nasional

Kuliah Kebangsaan Anies Baswedan di FISIP UI: Hendak ke Mana Indonesia Kita?

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Calon presiden (capres) Anies Baswedan (ABW) yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) memberikan Kuliah Kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia bertajuk “Hendak Kemana Indonesia Kita?” di Kampus FISIP UI, Depok, Selasa, 29 Agustus 2023.

Anies Baswedan menyampaikan bahwa kita ingin Indonesia yang lebih maju dan lebih adil. Hal ini harus dilakukan dan dikerjakan tidak cukup 1,2 atau 5 tahun bisa selesai. Ini  harus terus menerus diupayakan dan dikerjakan. Maka ketika mengatakan ingin perbaikan artinya dikerjakan terus menerus.

Kemajuan itu bisa dicapai dengan menghadapi peluang tantangannya. Tantangannya utama adalah adalah mindset kita, relationship-nya harus menempatkan Indonesia di globlal. Seperti misalnya kita dan para mahasiswa yang saat ini di UI sebagai Warga, Depok, Jakarta, Indonesia dan dunia. Mindset kita bukan hanya sebagai warga Indonesia tetapi juga sebagai warga dunia.

Kita tempatkan Indonesia di sentral, di tengah-tengah. Indonesia sangat strategis dimana Indonesia punya peran yang sangat luar biasa. Misalanya bidang energi 80% kebutuhan energi di Asia Timur ada di dalam pengaruh posisi kita, posisi strategis.

Apa yang terjadi di republik ini berdampak ke negara yang lainnya di Asia dan luar Asia. Bila keadaan negara kita stabil dari sisi ekonomi maka kita akan menyaksikan berdampak terhadap Asia Tenggara dan lainnya.

Tentang poros maritim, negara kita selalu dilalui kapal-kapal besar. Lebih dari 50 ribu kapal-kapal besar melintasi selat Malaka setiap tahun. Dalam kompetisi global, Indonesia diperhitungkan tidak hanya Asia Tenggara saja.

Untuk itu generasi muda ke depan harus pandangannya menempatkan sebagai pemain global. Karena itu PR-PR (pekerjaan rumah-red) di dalam negeri harus diselesaikan. Kalau PR-PRnya tidak pernah selesai secara otomatis tidak bisa ambil peran di global.

Menjadi berita dunia itu bagus, tetapi lebih bagus lagi bisa hadir di keluarga-keluarga dunia. Kita bukan hanya bisa mempromosikan produk dengan brand of Indonesia tetapi mempromosikan brand of Indonesia itu dimana gagasan, ide dari kita Indonesia. Indonesia punya potensi besar karena memiliki gagasan-gagasan dan ide-ide.

Kami memandang ke depan Indonesia maju kancah percaturannya bukan hanya konteks domestik tapi konteks global. Demikian seperti dikutip dari Jakartasatu.com. [mc/yoss]

Sumber: Jakartasatu.com. Foto: Facebook Anies Baswedan.

Terpopuler

To Top