Nasional

Tim 100 Bakorsi Provinsi DIY Sukses Dikukuhkan, Profesor dan Mantan Hakim Tinggi Siap Kawal Suara Anies

Nusantarakini.com, Yogyakarta – 

Mengikuti jejak Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan, pengukuhan dan pelantikan Tim 100 Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Relawan Anies Baswedan kembali digelar untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Royal Brongto Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Sabtu, 29 Juli 2023.

Pengukuhan Tim 100 Bakorsi Provinsi DIY ini berjalan lancar dan sukses. Acara ini dihadiri oleh Tim Bakorsi Nasional, Miftahul Niam, Didik dan Marlina; Dewan Pembina Bakorsi Provinsi DIY, Fahmi Rosyadi Husein; utusan Partai Pengusung dan Pendukung Anies Bawesdan; serta dihadiri juga oleh Dewan Penasehat Bakorsi Provinsi DIY, Syukri Fadholi dan Gus Nuri.

Usai acara pengukuhan dan pelantikan, Ketua Tim 100 Bakorsi Provinsi DIY, M. Ilham Mukmin menyampaikan, pembentukan Bakorsi Provinsi DIY melebihi kuota anggota. Minimal beranggotakan 100 orang, namun berjumlah 130 orang.

“Tim Bakorsi ini berasal dari delapan simpul relawan Anies Baswedan di Provinsi DIY,” bebernya kepada awak media usai Pengukuhan Tim 100 Bakorsi DIY, Yogyakarta, Sabtu, (29/7/2023).

Menurut Ilham, Tim Bakorsi ini merupakan relawan militansi dan berdedikasi tinggi, serta mempunyai pengalaman dalam hal kerelawanan di TPS-TPS. Sebagian besar dari mereka pernah menjadi saksi TPS pada Pilpres 2019. Bahkan, kata dia, profesi mereka ada yang profesor, mantan hakim tinggi, tokoh masyarakat dan profesi lain yang cukup bergengsi.

Kehadiran Bakorsi ini, lanjut dia, mempunyai tujuan untuk meningkatkan elektoral serta mengawal suara Anies Baswedan. Sedangkan Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan (Forkom Relawan ABW) sudah punya program Poskora (Posko Rakyat, Posko Relawan Anies Baswedan) untuk menarik suara.

“Percuma dapat suara jika tidak dikawal; maka lahirlah Bakorsi ini,” tegasnya.

Ketua DPW Jarnas ABW DIY ini juga mengungkapkan, dua program Forkom Relawan ABW yakni Poskora dan Bakorsi ini ibarat dua keping mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

“Keduanya saling melengkapi. Begitu juga dalam kerja-kerja, Bakorsi ini sebagai ajang berkolaborasi antar simpul relawan,” paparnya.

Lebih jauh Ilham mengungkapkan, setelah pengukuhan Bakorsi provinsi, selanjutnya membentuk Bakorsi tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa, masing-masing level minimal 100 orang.

“Bakorsi DIY ini 130 orang. Setelah dikukuhkan nanti ada pelatihan dan pembekalan,” pungkasnya seperti dikutip Kbanews. [mc]

Terpopuler

To Top