Nasional

Jarnas ABW Diminta Garap Orang Madura Perantauan

Nusantarakini.com, Sampang – 

Sampang merupakan salah satu kabupaten basis pendukung  Anies Baswedan di Madura yang didukung mayoritas ulama. Kendati demikian tak membuat DPD Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Sampang merasa di zone aman. Pengurus harian DPD Jarnas ABW Sampang  tetap bergerilya merangkul tokoh  untuk memperbesar suara dan mempertahankan hingga saaat penghitungan suara.

Ketua DPD Jarnas ABW Sampang Drs. Kusairi Msi menerangkan, bahwa  pergerakan ini perlu terus dikembangkan, mengingat  kantong suara rakyat ada dibalik para kiai, tokoh masyarakat, ulama dan habaib. Menurutnya, Jarnas ABW Sampang Madura Raya  mustahil  meninggalkan dukungan para tokoh yang berada di Sampang. Walaupun  pada prinsipnya mayoritas para tokoh di Sampang  telah memutuskan  memilih Anies Baswedan.

“Kiai, Habaib, Ulama dan tokoh masyarakat di Sampang  mayoritas Anies Baswedan, tapi bagi kami memelihara silaturrahmi dengan beliau wajib kami lakukan. Hal ini mengingat kekuatan Jarnas ABW Sampang Madura Raya bertumpu pada para kiai dan tokoh masyarakat,“ kata Kusairi kepada Nusantarakini.com, Sampang, Rabu (26/7/2023).

Untuk itu Kusairi tak bisa menghindar dari fakta yang tengah terjadi di masyarakat, bahwa budaya paternalistik yang kuat di bumi Sampang yang hingga kini menjatuhkan pilihan pada arahan kiai dan tokoh yang berada di tengah-tengah masyarakat. Walaupun menurut Kusairi  kerja berat harus dilakukan oleh para relawan hingga jelang pemilihan presiden.

“Memang Jarnas ABW Sampang Madura Raya harus punya energi ekstra, karena kami harus lakukan safari ke semua tokoh di Sampang, sambil menebarkan Banner Poskora di seputar lingkungan  tokoh berdomisili. Alhamdulillah kami  mendapat sambutan yang menggembirakan  dan kami selalu kekurangan Banner,“ paparnya.

Sementara itu, Kiai Marhum, tokoh yang berdomisili di Kecamatan Robatal Sampang menerangkan, bahwa masyarakatnya di Kecamatan Robatal  sudah cukup lama menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan, sebab ia punya  nama besar di Madura ketika memenangkan  sebagai Gubenur DKI. Menurut kiai yang sederhana itu, Anies adalah  agen perubahan yang hingga kini terus makin besar.

“Para kiai dan guru-guru kami ikut berperan memenangkan Pak Anies saat Pilgub DKI, sehingga kami tidak asing dengan pribadi Pak  Anies Baswedan. Pada Pilpres kali ini kami para tokoh akan tetap  berada di barisan  Anies Baswedan. Karena Anies Baswedan tidak hanya representasi perubahan negeri ini, namun Anies Baswedan adalah agen perubahan akhlak bangsa Indonesia,“ jelasnya.

Kiai Marhum  berharap Jarnas ABW Sampang Madura Raya menjadi  lokomotif  pemenangan Pilpres di Jawa Timur, sebab suara Jawa Timur sangat menentukan kemenangan Anies secara nasional. Ia berharap agar Jarnas ABW Madura Raya mengembangkan pola strateginya ke masyarakat Madura yang ada di perantauan yang jumlahnya jutaan jiwa.

“Saya tahu Jarnas ABW Madura Raya  besar jumlah  relawan dan gerakannya, serta   menjadi barometer  Jawa Timur. Saya berharap  bisa mengembangkan strateginya di  kabupaten lainnya  di luar Madura dan mengembangkan di masyarakat Madura  di luar Madura, serta  keturunan Madura di luar Madura yang komunitasnya  sangat luas.  Mereka jumlahnya  puluhan juta jiwa,” terang kyai tawadhu berharap mengakhiri keterangannya. [mc] 

Terpopuler

To Top