Mengejutkan! 4 Tokoh NU Ini Mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

NUSANTARAKINI.COM _ Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur itulah yang diharapkan para ulama kyai dan habib.

Anies Baswedan dianggap mampu membawa perubahan di Indonesia karena sukses memimpin DKI Jakarta.

Selain itu, Anies dipandang bakal membuat Indonesia, lebih terhormat di dunia karena relasi internasionalnya yang sangat positif.

Tokoh Nahdatul Ulama (NU) banyak yang sudah menyatakan siap mendukung Anies Baswedan jadi Presiden Indonesia di 2024 nanti.

Berikut ini daftar tokoh Nahdliyyin dan alasan dukungan terhadap Anies.

1. Kiai Ahmad Wafi Maimoen

Ahmad Wafi Maimoen atau yang kerap disapa dengan Gus Wafi adalah salah satu tokoh NU Jawa Tengah yang mendukung Anies menjadi Presiden Indonesia di 2024.

Ia bahkan salah satu tokoh yang memimpin puluhan kiai pada 25 Februari 2023 kemarin mendoakan dan bermusyawarah untuk kemenangan Anies di pesta demokrasi nanti.

“Gangguan yang dialami Pak Anies ini sungguh luar biasa. Lahir dan batin. Apa pun dilakukan oleh orang-orang dzalim untuk menggagalkan proses pencalonan Pak Anies ini,” katanya dalam keterangan resminya.

2. Andi Jamaro Dulung

Ketua PBNU 1999-2009 Andi Jamaro Dulung juga menyatakan mendukung Anies Baswedan. Ia memaparkan alasannya

“Ya saya hanya objektif saja, Dengan kualifikasinya yang dimiliki oleh beliau-beliau itu, jika dibandingkan dengan kualifikasi yang dimiliki oleh Pak Anies, Anies yang lebih unggul. Masak saya punyak kacamata seperti itu saya memilih orang yang tidak unggul,” ujarnya.

3. Kiai Syukron Ma’mun

Ulama sepuh Nahdatul Ulama (NU) Kiai Syukron Ma’mun jadi salah satu sosok yang mendukung Anies Baswedan jadi Presiden Indonesia di 2024.

Ia kini masuk di struktur simpul relawan bernama PeranNU atau Pergerakan Aktivis Nahdliyin Nusantara For Anies Presiden 2024-2029. Ia duduk sebagai Dewan Penasehat.

4. KH. Said Aqil Siradj

Mantan Ketua Umum (Ketum) PBNU KH. Said Aqil Siradj tokoh yang juga mendukung Anies Baswedan. Meski tak secara langsung disampaikan, namun ia mendoakan Anies Baswedan menjadi Presiden Indonesia 2024.

Anies sendiri sudah melakukan pertemuan dengan Mantan KH. Said Aqil Siradj di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Maret 2023 kemarin.

Kiai Said menyebut bahwa Anies adalah seorang yang sangat nasionalis dan mendokan Anies untuk tercapai mimpinya, mimpi berbentuk cita-cita yang menjadi nyata, sebagai seorang presiden.