Nasional

Susno Duaji Keluar Sarang, Siap Berburu Dukungan Partai. Partai Apa?


6 May 2016, 2:41
Dilihat   1.7K

Nusantarakini.com, Jakarta- Lama tidak muncul di media, ternyata Susno Duaji kini berniat untuk mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan 2017. Niat jenderal polisi yang terkenal dengan kasus “Cicak vs Buaya” ini nampaknya serius untuk maju pada Pilgub Sumatera Selatan 2017.

Walaupun gambar-gambar poster dan balihonya belum nampak terpasang di sepanjang jalan di kota Palembang, namun kabar tentang niatnya akan maju Pilgub Sumsel 2017 sudah cukup santer beredar di masyarakat.

Susno Duaji juga nampak sudah mulai melakukan “blusukan”. Di bebarapa kesempatan Susno nampak menghadiri berbagai undangan pertemuan dengan kelompok-kelompok masyarakat di wilayah Sumatera Selatan.

Hasil pantauan reporter Nusantarakini.com di Palembang juga melihat adanya lembaga survei dari Jakarta yang sedang melakukan wawancara dengan masyarakat. Sudiyanto, salah satu tim peneliti yang berhasil ditemui reporter Nusantarakini.com, mengakui bila mere ka sedang melakukan survei tentang calon gubernur 2017. Namun demikian Sudiyanto belum mau menjelaskan lebih rinci tentang nama lembaganya dan pihak yang meminta jasa. “Nanti lah kalau waktunya sudah tepat akan ada rilis media”, kilah Sudiyanto.

Namun pertanyaannya, Susno Duaji akan maju melalui partai apa untuk mencalonkan di Pilgub Sumsel 2017.

Sesuai Undang-Undang Pilkada, untuk bisa maju Pilgub Sumsel 2017, Susno harus didukung minimal 20% kursi parpol di DPRD Propinsi Sumatera Selatan. Dengan melihat komposisi perolehan kursi parpol, maka bisa dilihat, partai mana yang kemungkinan akan digunakan oleh Susno Duaji untuk mencalonkan diri pada Pilgub Sumsel 2017.

Berikut komposisi perolehan kursi DPRD Propinsi Sumatera Selatan 2014-2019:
1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP): 13 Kursi (17.3%)
2. Partai Demokrat: 11 Kursi (14.7%)
3. Partai Golongan Karya: 10 Kursi (13.3%)
4. Partai Gerindra: 10 Kursi (13.3%)
5. Partai Amanat Nasional: 6 Kursi (8.0%)
6. Partai Kebangkitan Bangsa: 6 Kursi (8.0%)
7. Partai Hanura: 5 Kursi (6.7%)
8. Partai Nasdem: 5 Kursi (6.7%)
9. Partai Keadilan Sejahtera: 5 Kursi (6.7%)
10. Partai Persatuan Pembangunan: 2 Kursi (2.7%)
11. Partai Bulan Bintang: 2 Kursi (2.7%)

Bila melihat komposisi perolehan kursi DPRD, maka tidak satu pun partai yang bisa sendirian mengusung calonnya. Mereka harus saling berkoalisi satu dengan yang lain.

Bedasarkan pantauan reporter Nusantarakini.com, Susno Duaji tampaknya mengincar dukungan dari PDIP.  Peluang Susno meraih dukungan dari partai peraih kursi terbanyak di Sumsel ini cukup besar. Mengingat Susno selama ini memiliki kedekatan dengan elit PDIP.  Di beberapa kesempatan acara partai moncong putih ini, Susno juga diundang hadir.

Namun demikian tidak hanya Susno yang mengincar dukungan dari PDIP. Beberapa calon sepertinya juga mengharap dukungan dari PDIP. Misalnya Eddy Santana Putra, Walikota Palembang dan sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan.  (*Mayang Kemuning)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu