Nasional

Gus Imin Titip Agenda Perubahan ke Prabowo Subianto

Prabowo Subianto dan Gus Imin tampil bersama saat silaturahmi di Kantor DPP PKB. (Foto: Tangkapan layar KompasTV)

Nusantarakini.com, Makassar –

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Gus Imin, menitip agenda perubahan kepada presiden terpilih Prabowo Subianto.

Gus Imin menegaskan bahwa ada tiga krisis yang harus menjadi perhatian serius bagi pemerintahan yang akan datang.

“Seperti yang saya sampaikan ke presiden terpilih Prabowo Subianto, PKB menitipkan agenda perubahan agar bangsa ini tidak kolaps,” kata Gus Imin dalam agenda pembekalan 230 bakal calon kepala daerah (bacakada) se-Sulawesi di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Minggu (5/5/2024) pagi.

Pertama adalah krisis fiskal. Gus Imin menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi fiskal negara yang semakin memburuk. Di mana utang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) sudah sangat mengkhawatirkan.

“Hari ini utang APBN kita sudah amat mengkhawatirkan, meskipun masih didominasi utang di dalam negeri, tetapi kita mengalami krisis fiskal yang sangat mengkhawatirkan,” ungkapnya.

Bakal calon kepala daerah se-Sulawesi Selatan mendengarkan mendapatkan pembekalan dari Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar di Hotel Four Points by Sheraton Makassar. (Foto: Detik.com)

Kedua, krisis iklim. Gus Imin merasa prihatin terhadap kondisi lingkungan yang semakin terancam akibat perubahan iklim yang drastis.

“Krisis iklim nyata-nyata ada di depan mata kita. Hari ini kita saksikan lingkungan kita hancur, banjir-longsor, panas global, global warming, itu bukan lagi cerita tekstual. Asia saat ini mengalami pemanasan yang sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Selain itu, Gus Imin juga menyoroti krisis daya saing di tingkat global. Hal ini dapat mengancam kedudukan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tiga krisis besar tersebut juga ditetapkan Gus Imin kepada para bakal calon kepala daerah yang akan diusung oleh PKB.

“Kita tidak hanya ingin yang diusung PKB menang, tetapi kita ingin yang diusung PKB sekaligus sukses dalam memimpin pemerintahan,” tegasnya.

Gus Imin berharap setelah pembekalan Bacakada PKB, diskusi akan terus berlanjut selama enam bulan ke depan sebelum pendaftaran Pilkada ke KPU. Hal ini untuk mencari solusi terbaik dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa ini. [mc/mi]

*Sumber: MonitorIndonesia.com.

Terpopuler

To Top