Nasional

Sidang MK: Romo Magnis Sebut Presiden Mirip Pemimpin Mafia Bila Untungkan Pihak Tertentu

Nusantarakini.com, Jakarta –

Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden tahun 2024 pada Selasa, 2 April 2024. Sidang Perkara Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 digelar dengan agenda pembuktian pemohon dengan mendengarkan keterangan ahli dan saksi dan pengesahan alat bukti tambahan dari paslon 03.

Guru Besar Filsafat STF Driyakara, Profesor Franz Magnis Suseno alias Romo Magnis, salah ahli yang dihadirkan dalam sidang, menyampaikan bagaimana peran Presiden menggunakan kekuasan demi keuntungan sendiri dan keluarganya.

Romo Magnis menyampaikan sejumlah unsur-unsur yang bila itu benar terjadi, merupakan pelanggaran etika yang serius dan itu memiliki implikasi. Demikian awal penyampaiannya.

Kemudian Romo Magnis menyampaikan soal etika yang merupakan ajaran tentang baik dan tidak baik, sebagai kualitas manusia sebagai manusia.

“Etika membedakan manusia dari binatang. Binatang hanya mengikuti naluri-naluri alamiah, tetapi manusia sadar bahwa naluriah hanya boleh diikuti apabila baik dan bukan tidak baik,” kata Romo Magnis seperti saat dihadirkan sebagai ahli oleh kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam sidang lanjutan sengketa hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di MK, Selasa (2/4/2024), dikutip dari channel YouTube Mahkamah Konstitusi.

Menurut Romo Magnis, apakah manusia itu baik atau tidak baik, itu dapat diukur apakah dia hidup secara etis atau tidak.

Kemudian yang kedua terkait masalah hukum. Menurutnya, tuntutan-tuntutan paling dasar sejak ribuan tahun, dituangkan manusi di dalam ketentuan-ketentuan hukum.

“Tidak memperhatikan hukum yang berlaku, dengan sendirinya merupakan pelanggaran etika. Saya tidak masalah konsensus objek,” katanya.

Sementara etika dan hukum, agar manusia dinilai secara etis, tidak cukup melanggar hukum. Etika justru menuntut lebih.

Keempat dibahas Romo Magnis soal etika dan penguasa. Tentu berlaku untuk seorang Presiden. Tidak cukup hanya tidak melanggar hukum, Presiden dituntut lebih.

Bahwa Presiden tak hanya harus melanggar hukum, tapi juga dituntut lebih dengan yang berkaitan dengan etika. Karena memiliki kekuasaan, harus bertanggungjawab atas keselamatan seluruh bangsa.

Romo Magnis menegaskan, bahwa Presiden harus menjadi milik semua. Tidak hanya sebagi milik mereka yang memilih. Meski dari partai, setelah menjadi Presiden, seluruh tindakannya harus dilaksanakan untuk keselamatan seluruh rakyat.

“Memakai kekuasaan untuk menguntungkan pihak-pihak tertentu membuat Presiden menjadi mirip dengan pimpinan organisasi mafia,” ucap Romo Magnis miris.

“Di sini dapat diingatkan bahwa wawasan etis Presiden Indonesia dirumuskan dengan bagus dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” ucapnya mengingatkan.

Sementara terkait dengan etika dan pemilu. Setidaknya, yang ditutut secara etis dan hukum adalah seluruh proses menjamin warga dapat memilih sesuai apa yang mau dipilih.

“Masyarakat akan menuruti pemerintah dengan senang, apabila pemerintah bertindak atas dasar hukum yang berlaku. Dan hukum yang berlaku adalah adil dan bijaksana,” bebernya.

“Apabila penguasa bertindak tidak atas dasar hukum, dan tidak demi kepentingan seluruh masyarakat, melainkan memakai kuasanya untuk menguntungkan kelompok, kawan, keluarganya sendiri, motivasi masyarakat untuk menaati hukum akan hilang,” sambungnya.

Menurut Romo Magnis, bila itu yang terjadi. Hidup masyarakat tidak lagi aman. Negara hukum akan merosot menjadi negara kekuasaan dengan wilayah kekuasaan seperti mafia. Demikian seperti yang dilansir Konteks.co.id. [mc/ep]

 

Terpopuler

To Top