Nasional

Survei Terbaru LKPI Starpoll: Jika Pilpres Dua Putaran, AMIN bakal Menang di Pulau Jawa

Nusantarakini.com, Jakarta –

Rilis terbaru hasil survei Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) StarPoll menunjukkan bahwa pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bakal menang di Pulau Jawa bila Pilpres 2024 berlangsung dua putaran. Pasangan AMIN unggul secara head to head terhadap dua pasangan lain di enam provinsi di Pulau Jawa.

“Dari simulasi head to head antar paslon selalu menempatkan Anies-Muhaimin sebagai juara. Anies-Muhaimin (47,4%) vs Prabowo-Gibran (40,6%). Anies-Muhaimin (57,4%) vs Ganjar-Mahfud (40,6%). Prabowo-Gibran (49,6%) vs Ganjar-Mahfud (24,1%),” ujar peneliti senior LKPI StarPoll, Slamet Murtianto, dalam Rilis Terbaru Hasil Survei Pemilih di Pulau Jawa, Rabu (3/1).

Dari survei tersebut juga menunjukkan bahwa Pilpres akan berlangsung dalam dua putaran. Pasalnya tidak ada paslon yang benar-benar unggul secara signifikan dengan elektabilitas di atas 50%+1.

Prabowo-Gibran sebagai paslon tertinggi elektabilitasnya hanya mampu mencapai 37,9% suara di Pulau Jawa. Kemudian disusul Anies-Muhaimin dengan 32,6% dan Ganjar-Mahfud 18,6%. Jarak elektabilitas masing-masing paslon sudah di luar jangkauan margin of error dari survei ini yaitu kurang lebih 2,6%.

“Waktu pencoblosan yang masih 1,5 bulan menjadi penting bagi para tim pemenangan paslon karena konstelasi suara masih mungkin berubah. Jumlah responden yang menjawab bahwa pilihan mereka masih mungkin berubah lebih banyak 48,7% dibandingkan dengan responden yang menjawab pilihan mereka sudah pasti yaitu 40,4%,” jelasnya.

Murtianto juga membeberkan bahwa Pasangan Anies–Muhaimin unggul di DKI Jakarta dengan 44,3 persen, Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat meraih 45,5%, Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah dengan 33,7%. Sementara Provinsi Banten menjadi perebutan suara antara Anies – Muhaimin (42%) dan Prabowo-Gibran (41%).

“Provinsi DIY dan Jawa Timur menjadi perebutan ketiga paslon dengan masing masing Anies-Muhaimin (35% DIY dan 34,3% Jatim), Prabowo – Gibran (35% DIY dan 38% Jatim) dan Ganjar-Mahfud (22,5% DIY dan 20,5% Jatim),” imbuh Murtianto.

Jumlah sampel dalam survei LKPI Starpoll ini sebesar 1.400 orang tersebar secara proporsional di enam provinsi di Pulau Jawa dengan margin of error sebesar +/- 2,6%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner oleh enumerator yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Durasi survei dilakukan pada 10-24 Desember 2023. [MC/Z-2/PNS]

Sumber: Kumparan.com dan MediaIndonesia.com.

Terpopuler

To Top