Apel Siaga 1: Tim 100 Bakorsi Kabupaten Agam Sukses Dikukuhkan, Siap Kawal Suara AMIN

Nusantarakini.com, Agam – 

Apel Siaga 1 Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Relawan Anies Baswedan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil mengukuhkan Tim 100 Bakorsi Kabupaten Agam di Gedung Serbaguna TPQ/ MDTA Irsyadunnas, Jorong Aia Kaciak, Nagari Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, Sabtu, 9 Desember 2023.

Ketua Tim Bakorsi Provinsi Sumbar, Muhammad Riswan Datuak Bandaro Asa menyampaikan, bahwa  pengukuhan Tim 100 Bakorsi ini adalah perwakilan dari berbagai simpul relawan Anies Baswedan Bukittinggi.

Lebih lanjut Riswan menjelaskan, Bakorsi merupakan satu strategi untuk mengukur sampai seberapa kuat simpul Anies Baswedan dari pusat hingga daerah. Dari Bakorsi ini akan diketahui sampai sejauh mana di tingkat kabupaten atau hingga level di bawahnya.

“Jadi sistem kerja kita nanti kita ada di 3 kecamatan, kemudian di bawahnya kita memberikan 3 kaki lagi ke kelurahan dan dari kelurahan 100 kaki ke RT dan RW. Semoga saja kita tegas lurus untuk pemenangan Anies Baswedan, dan kita sebagai Badan Koordinasi Saksi ini mengawasi jalannya pencoblosan dan jangan sampai terjadi kecurangan,” terang Riswan.

Ia juga menambahkan, jika terjadi kecurangan maka Bakorsi akan mengambil tindakan di tempat tersebut dan langsung mengambil keputusan dan kebijaksanaan.

“Nantinya anggota Tim 100 Bakorsi ini akan diberikan Bimtek di lapangan, semoga mereka bisa nyaman dan bisa bertanggung jawab,” tuturnya.

Pada acara pengukuhan Bakorsi ini juga dihadiri oleh 4 partai pengusung dan pendukung pasangan  AMIN, yakni Partai Nasdem, PKB, PKS dan Partai Ummat.

“Marilah kita bersama-sama untuk melaksanakan pemilihan umum dengan hati yang ikhlas dan jujur dan bertanggung jawab dan mudah-mudahan Anies akan menjadi RI 1,” harap Riswan.

Sementara itu, Ketua DPP Relawan Rumah Gadang, Yusrida, didampingi Syahroel Datuak Mangkuto Basa menyampaikan, pihaknya pada tanggal 26 November 2023 kemarin pergi ke Jakarta mengunjungi Sekretariat Forum Komunikasi (Forkom) Antar Simpul Relawan ABW tingkat Nasional di Pejaten.

“Kita ternyata harus membentuk badan koordinasi untuk saksi ini yang tergabung di dalam Forkom baik nasional, provinsi maupun daerah kota dan kabupaten. Bahkan sampai tingkat kecamatan dan desa” ujar Yusrida yang panggilan akrabnya adalah Opung ini.

“Seluruh simpul relawan diminta untuk bergabung di Bakorsi ini. Dan di Kota Bukittinggi yang tergabung dalam Bakorsi ada 4 simpul dan saat ini kita mengadakan pengukuhan setelah beberapa saat lalu diundur,” imbuhnya.

Opung juga berharap seluruh partai pengusung dan pendukung bisa bekerjasama dengan simpul relawan untuk memenangkan pasangan AMIN. Karena masih ada di daerah-daerah terpencil yang belum mengenal Anies. Demikian seperti dikutip Bukittinggi.journalist.id. [mc/Lin]