Apel Siaga 1 Bakorsinas Kukuhkan Tim 100 Bakorsi Provinsi Jambi, Siap Menangkan AMIN 1 Putaran

Nusantarakini.com, Jambi – 

FORKOM Antar Jaringan Simpul Relawan Jambi berhasil menyusun tim 100 Badan Koordinasi Saksi (BAKORSI) Provinsi Jambi. Tim 100 provinsi ini dikukuhkan dengan prosesi apel siaga 1 pada Sabtu, 25 November 2023.

Ditengah guyuran hujan di Kota Jambi sejak malam harinya, apel siaga 1 dapat dilaksanakan dengan baik di aula DPD PKS Kota Jambi di Kawasan Handil Jaya, Kota Jambi. Apel siaga 1 ini dihadiri oleh anggota tim 100 BAKORSI tingkat provinsi, pengurus simpul-simpul relawan, perwakilan koalisi parpol dan undangan dari tokoh-tokoh masyarakat.

Apel Siaga 1 ini dimulai tepat pukul 9 WIB. Diawali dengan sholawat dan doa. Seremonialnya diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan Lagu Nasional Maju tak Gentar.

Dalam sambutan pengantarnya, Muhammad Rahmat, mewakili panitia pelaksana apel siaga 1 ini menjelaskan maksud siaga 1 ini adalah sebagai pengukuhan atau pengesahan relawan-relawan yang tergabung dalam BAKORSI. Sekaligus silaturahmi dan konsolidasi untuk meninkatkan kapasitas di bidang kerelawanan dan saksi di TPS.

Adapun tujuannya adalah pertama terbukanya pemahaman pentingnya sinergi dan berkolaborasi demi peningkatan kinerja. Kedua terwujudnya keselarasan langkah dalam memenangkan pasangan AMIN. Ketiga perluasan jejaring kerjasama kemitraan antara relawan-relawan dengan para pemangku kepentingan pemenangan AMIN di Jambi. Keempat memastikan banyknya relawan saksi AMIN di tiap TPS yang ada di seluruh provinsi Jambi.

Selanjutnya adalah pembacaan SK pengukuhan oleh BAKORSINAS, dirangkai dengan penyematan rompi secara simbolis kepada ketua dan wakil-wakil ketua dan diikuti oleh tim 100. Lalu  sambutan Ketua tim 100 BAKORSI Provinsi Jambi.

Muhammad Agus Widiyanto, selaku Ketua tim 100 BAKORSI Jambi, dalam sambutannya menyebutkan bahwa proses pembentukan tim 100 ini sangat berliku. Karena tidak semua relawan mau apalagi mampu untuk bergerak, secara terukur dan terstruktur. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan kejelasan tahapan-tahapan di tingkat nasional, maka antusiasme relawan untuk ikut jadi saksi dan pengawas tps makin tinggi.

Selanjutnya adalah pembacaan pakta integritas oleh tim 100 yg disaksikan oleh para undangan. Isi pakta integritas ini ada 5 poin, yaitu : 1. Sepenuhnya mendukung paslon AMIN pada pilpres 2024. 2. Menjunjung tinggi kode etik relawan Anies Baswedan. 3. Bekerja jujur, sukarela, bertanggung jawab untuk memenangkan PILPRES 2024 dan mengawasi agar jurdil. 4. Siap berkoordinasi, berkolaborasi dengan partai-partai pengusung dan semua elemen pemenangan AMIN. 5. Bersedia memenuhi komitmen, dan bersedia mundur jika ditengah jalan tidak bisa memenuhi pakta integritas ini.

BAKORSINAS yang diwakili Apriansyah, dalam sambutannya menjelaskan bahwa relawan saksi ini dibentuk karena belajar dari pilpres 2019. Dimana paslon 02 hanya mampu memenuhi kurang dari 30% secara nasional. Sehingga ketika sampai sidang di MK tidak mampu menunjukkan bukti-bukti kecurangan.

Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan perwakilan Koalisi Parpol pengusung. Sambutan pertama oleh Ahmad Fathul Bari, JUBIR Timnas Pemenangan AMIN. Yang juga wasekjend DPP PKS, menyatakan bahwa komitmen perubahan dan dukungan dari PKS tidak perlu diragukan lagi. Kebersamaan dengan PKS saat pilgub DKI 2017 harus berlanjut di pilpres 2024.

Dalam sambutannya para wakil-wakil parpol koalisi lainnya yaitu PKB, Nasdem, Masyumi dan Partai Ummat, menyambut baik siaga 1 ini. Semua berharap agar relawan saksi yang tergabung di BAKORSI Jambi dapat bersinergi dengan parpol. Apalagi sudah terbentuk timnas pemenangan hingga daerah.

Acara seremonial ditutup doa penutup dilanjut dengan foto-foto bersama. Setalah Istirahat, Sholat Dzuhur dan makan Siang, dilanjutkan pengarahan dari BAKORSINAS yang disampaikan oleh Apriansyah. Yang banyak menjelaskan jalur-jalur recruitment dan hal-hal detil lainnya. Mewujudkan motto BAKORSI yaitu AWASI PROSESNYA, MENANGKAN PILPRESNYA. [mc/aw]