Nasional

Forkom Relawan AMIN Jambi Gerak Cepat Memberdayakan Poskora

Nusantarakini.com, Jambi – 

Program Posko Rakyat dan Posko Relawan Anies (POSKORA) yang diluncurkan pada 9 April 2023 telah berkembang sampai ke Jambi. Konsep dasar POSKORA ini awalnya didirikan atau menggunakan rumah-rumah relawan. Sebagai bentuk perjuangan politik rakyat semesta yang rindu perubahan serta perbaikan di Indonesia.

Admin Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan (Forkom ABW) Jambi, Muhammad Agus Widiyanto, menyampaikan bahwa POSKORA di Jambi ditingkatkan fungsinya sebagai sekretariat atau kantor. Sehingga fungsinya dapat digunakan untuk rapat-rapat koordinasi maupun pertemuan rutin lainnya.

“Salah satunya yang berada di rumah bapak Irianto Noor dari Anies Fans Club (AFC) Jambi, Kelurahan Solok Sipin, Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi ini. Dimana siang hingga sore tadi, Rabu 15 November 2023 digunakan untuk rapat koordinasi FORKOM yang terdiri dari berbagai simpul relawan yang ada di Jambi,” terang Agus kepada Nusantarakini.com, Jambi, Rabu malam (15/11/2023).

Menurut Agus, pertemuan ini membahas pemantapan program Badan Koordinasi Saksi (BAKORSI). Yaitu tentang positioning dibandingkan dengan program sejenis yaitu pembasisan dan juga persiapan pengukuhan.

“FORKOM Jambi tetap fokus pada BAKORSI. Pengukuhan tim 100 BAKORSI Provinsi Jambi akan dilaksanakan pada besok Sabtu, 25 November 2023,” terangnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, untuk program BAKORSI di Jambi memang mengalami kontraksi. Sebenarnya sudah disiapkan sejak awal Juli 2023 lalu, dan direncanakan dikukuhkan pada akhir Agustus 2023.

“Berhubung Partai Demokrat balik kanan, alias tidak lagi di Koalisi Perubahan, mengakibatkan rencana kerja sama pengukuhan jadi batal. Lalu masuknya PKB ke Koalisi Perubahan, menjadikan banyak anggota yang keluar, namun juga banyak anggota baru yang masuk. Sehingga BAKORSI Jambi restart, dan butuh waktu penyesuaian-penyesuaian lagi,” paparnya.

Ketua Bakorsi Provinsi Jambi ini juga mengatakan, dengan deklarasi Pasangan AMIN 2 September 2023 lalu, disusul pembentukan Badan Pekerja Anies Muhaimin (BAJA AMIN) di mana terdapat Direktorat Sumber Daya Saksi yang langsung membawahi BAKORSI, membuat relawan-relawan di daerah makin yakin untuk bergabung di BAKORSI.

“Apalagi KPU sudah menetapkan nomor urut 1 (satu) untuk pasangan Anies Muhaimin pada Selasa, 14 November 2023, maka FORKOM Jambi beserta simpul-simpul relawan yang tergabung di dalamnya semakin yakin dan bersemangat untuk bersosialisasi menjangkau semua kalangan sampai daerah-daerah pelosok. Untuk memenangkan AMIN pada pilpres 2024,” ucapnya.

“Selanjutnya untuk POSKORA-POSKORA sejenis akan diadakan di seluruh di Kabupaten/Kota, bahkan sampai pelosok-pelosok Jambi, untuk mengawal program BAKORSI. Karena rekrutmen anggota BAKORSI per jenjang, hingga tingkat desa dan kelurahan terus di gencarkan. Dengan target tuntas November ini,” lanjutnya.

Agus juga menceritakan, untuk pengadaan baliho POSKORA ini dikerjasamakan dengan caleg dapil setempat.

“Contoh baiknya di Kelurahan Solok Sipin, Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi ini. Yang bekerjasama dengan caleg NASDEM. Juga yang di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Jambi Selatan, yang dikerjasamakan dengan caleg PKS. Diharapkan BAKORSI-BAKORSI daerah juga membuka diri bekerjasama dengan caleg setempat,” ungkapnya.

Saat ini, kata Agus, Tim BAKORSI Provinsi Jambi sedang menyiapkan template POSKORA yang akan didirikan. Baik bekerja sama dengan caleg, dengan template yang disesuaikan. Atau yang diadakan secara mandiri yang sudah ada ketentuan dari pusat.

“Selanjutnya akan ditawarkan kepada Caleg Partai Koalisi dan Pengusung agar sama-sama meningkatkan elektoral. Sehingga sukses menang pilpres, sekaligus mengamankan kursi DPR dan DPRD,” pungkas Agus mengakhiri. [mc]

Terpopuler

To Top