Nasional

Pertama di DIY, Tim 100 Bakorsi Kecamatan Semin Gunungkidul Berhasil Dikukuhkan

Nusantarakini.com, Gunung Kidul –

Pengukuhan Tim 100  Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Relawan Anies Baswedan (ABW) Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berhasil diselenggarakan pada Sabtu 7 Oktober 2023, di Rumah Joglo Glondong Kayu Jati Semin, Gunung Kidul.

Ketua Bakorsi  Gunung Kidul, Suwarno, mengatakan bahwa Bakorsi Relawan ABW DIY sudah merambah ke tingkat kecamatan. Tim 100 Bakorsi Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul merupakan yang pertama dikukuhkan di DIY.

“Alhamdulillah, kemarin Sabtu Tim 100 Bakorsi Kecamatan Semin resmi dikukuhkan di Rumah Joglo Glondong Kayu Jati Semin pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Kecamatan Semin merupakan yang pertama di Gunungkidul dari 18 kecamatan yang dikukuhkan. Sekaligus Bakorsi tingkat kecamatan pertama di DIY yang dikukuhkan,” tutur Suwarno saat dihubungi Nusantarakini.com, Gunung Kidul, Minggu, 8 Oktober 2023.

Suwarno menjelaskan, dalam wadah Bakorsi tidak hanya melibatkan para Relawan ABW saja, tetapi juga masyarakat umum yang mau bergabung akan dilibatkan juga, termasuk dari kalangan partai politik pengusung dan pendukung pasangan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar (AMIN).

“Alhamdulillah antusias relawan Anies Baswedan dan masyarakat di Kecamatan Semin tinggi sekali. Dari 100 anggota Bakorsi yang dikukuhkan, masing-masing 10 orang dari 10 desa yang ada di Semin,” ucap Caleg Partai Umat Gunung Kidul ini.

Suwarno juga mengungkapkan, setelah dikukuhkan para relawan ini bahkan sudah siap membentuk Bakorsi tingkat desa. Bakorsi kabupaten tidak terus mendorong kesiapan pembentukan Bakorsi tingkat desa.

“Seharusnya per kecamatan dulu dikukuhkan. Tapi kalau Semin di tiap desa sudah siap ya nggak masalah, kami persilakan. Jadi tidak harus menunggu tiap kecamatan lain dikukuhkan,” jelasnya.

Menurut Suwarno, langkah kerja Bakorsi Gunung Kidul, yaitu akan melengkapi atau merekrut calon saksi di kecamatan lain terlebih dahulu. Rencananya akan segera dideklarasikan Bakorsi Kecamatan Playen.

“Setelah pengukuhan Bakorsi Kecamatan Semin, dalam waktu dekat menyusul Bakorsi Kecamatan Playen. Kecamatan lain, masih tahap mengumpulkan atau masih rekrutmen,” pungkas Mantan Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejak era Orde Baru ini. [mc]

Terpopuler

To Top