Nasional

Doa Anies Baswedan Pasca Haji

Nusantarakini.com, Jakarta –

Hampir semua muslim percaya, bahwa doa orang yang pulang haji adalah makbul, setidaknya dalam 40 hari. Itulah sebabnya banyak tamu yang mendatangi rumah jama’ah haji baru, dengan tujuan meminta doa. Biasanya para haji ini kemudian menyiapkan doa terbaik, bahkan tidak jarang jika yang meminta doa adalah orang yang sangat dekat, akan disebut secara khusus.

“Ahlan wa sahlan ya Nies, semoga ibadah haji sekeluarga yang ditunaikan dibalas dengan kemabruran, diterima semua ibadah rukun, wajib dan sunnah haji, dan dikabulkan semua doa yang dipanjatkan, aamiin.”

Berikut doa yang dilantunkan Anies Baswedan pada kesempatan tadi sore di GBK. Panjang memang, sampe butuh waktu 11 menit, sementara pidatonya hanya 5 mnt. Momentum ke langit yang menurut saya perlu dilakukan. Bukankah Allah yang memiliki kehendak dan kuasa?

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah Rabbil Alamin. Washshalatu wassalaamu alaa asyrafil anbiyaai walmursalin, Sayyidinaa wa Maulaanaa Muhammadin wa’alaa aalihi wa Ashaabihi Ajma’in.

Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, mudahkanlah mereka yang dalam kesulitan. Mudahkanlah mereka agar bisa hidup dengan tenang yang menjadi teman bagi mereka yang dalam kesendirian.

Ya Tuhan Yang Mencukupkan mereka yang miskin dan papa. Yang Menguatkan mereka yang lemah, Yang Menjadikan rasa aman dari segala ketakutan. Yang Membalikkan yang sulit menjadi mudah. Hanya kepada-Mu kami bermunajat.

Ya Tuhan Yang Maha Memberi rizki dan Maha Penyantun, ringankanlah kami dari beban biaya-biaya hidup, murahkanlah harga kebutuhan pokok kami sehingga terjangkau dan tidak menjadi beban bagi kami semua, namun juga menjadi rizki yang mencukupkan bagi petani kami, peternak kami, nelayan kami, pedagang kami.

 

Mudahkan kami semua mendapatkan pendidikan bermutu yang gratis, pendidikan yang terjangkau bagi anak-anak kami, mudahkanlah kami mendapatkan layanan kesehatan yang cepat, dan mudahkan kami berpindah-pindah menggunakan transportasi yang murah, mudahkan kami mendapatkan rumah-rumah tempat berlindung dari panas, berlindung dari hujan, yang dekat dari tempat kami belajar, dekat dari tempat kami bekerja, dekat dari tempat kami beraktivitas.

Ya Tuhan Yang Maha Pengasih. Mudahkanlah komitmen kami dan ikhtiar kami untuk berjuang menghadirkan dukungan bagi seluruh rakyat kelak.

Ya Allah Ya Tuhan Gusti Enggang Moho Agung. Berikanlah seluruh warga Indonesia pekerjaan yang layak, hidupkan pabrik-pabrik, sawah-sawah, warung-warung, toko-toko, kantor-kantor dengan aliran rezeki penuh berkah, yang hasilnya mendatangkan kebaikan bagi seluruh makhluk yang hidup di Indonesia. Ramaikanlah perdagangan di kota di desa, di pelosok, di pesisir, dan di pulau-pulau.

Ya Tuhan Yang Maha Menolong, Maha Menghidupi. Mudahkanlah anak-anak kami mendapatkan pekerjaan, menjadi calon guru, calon insinyur, calon wartawan, calon programer, calon atlet, calon seniman, calon pengusaha. Mudahkan mereka mendapatkan rumah sendiri, mendapatkan pasangan, mendapatkan jodoh yang menenangkan, yang saling melengkapi di saatnya nanti.

 

Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahim. Berkahilah saudara-saudara kami kaum difabel, mereka yang berkebutuhan khusus di negeri ini, mudahkanlah mereka mendapat kesetaraan dan kesempatan, mudahkanlah kesetaraan dukungan, mudahkanlah mereka mendapatkan kesetaraan perlindungan.

Rahmati para pekerja migran kami di luar negeri Ya Allah. Alirkan rezeki-Mu kepada mereka. Lindungi para pekerja migran itu dari siksa, dari kejahatan, dan dari beban kerja yang tidak manusiawi.

Ya Allah Yang Maha Mengabulkan. Bulatkan tekad dan komitmen kami, bukakan jalan bagi kami untuk mampu menghadirkan harapan-harapan akan pekerjaan yang membukakan kesejahteraan bagi semua.

Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, Maha Melepaskan dan Maha Memberi Kecukupan. Berikan kelapangan bagi kami yang terhimpit utang, baik utang kepada bank, lembaga keuangan, pinjol, bahkan rentenir. Kami berlindung kepada-Mu dari bingung dan sedih, dari lemah dan malas, dari lilitan utang, dari penipuan dan tindakan kesewenang-wenangan, bukakan pintu rezeki yang tak kami duga-duga dan bebaskan kami dari kebutuhan-kebutuhan hidup yang mendesak dan datang tiba-tiba.

Ya Tuhan Yang Maha Menghidupkan dan Maha Menyembuhkan. Sehatkan kami yang hari ini menderita sakit fisik. Berikan kesembuhan yang paripurna. Sehatkan dan bahagiakan jiwa dan batin kami, mampukan kami mendapatkan pertolongan darurat, mudahkan para pemimpin untuk menyediakan layanan dan bantuan kesehatan hingga ke pelosok negeri.

Ya Allah Yang Maha Lembut, Maha Melindungi. Selamatkanlah para korban kekerasan. Mereka yang terjebak dalam lingkungan yang menyiksa fisik dan batin mereka. Berikan kekuatan dan jalan keluar. Mudahkan mereka mendapat pertolongan dari aparat pemerintah, dari tetangga, dari rekan kerja, dari komunitas dan keluarga, sembuhkan mereka dari luka dan trauma. Bahagiakan mereka Ya Allah Ya Tuhan Kami. Terkhusus bagi anak-anak kami. Jadikanlah kami pelindung dan pengayom bagi mereka. Jangan biarkan satu pun anak negeri ini merasakan kemiskinan yang menghimpit, Ya Tuhan kami. Jangan biarkan satu pun anak di negeri ini merasakan kekerasan yang menimbulkan sakit Ya Allah.

 

Mampukan kami, mampukan kami, menggendong setiap anak. Anak-anak kami, dari Aceh hingga Papua. Dari ujung Rote hingga Miangas dengan selendang kasih dan selendang sayang.

Ya Allah. Tempat kami meminta, berkahilah para aparat sipil negara ini, baik aparatur pemerintah, aparat penegak hukum, tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, mereka semua pekerja di lini terdepan melayani masyarakat. Bebaskan mereka dari kerumitan birokrasi. Berikan para aparat negeri ini keberlimpahan rezeki yang halal serta kecukupan hati agar mereka terhindar dari godaan korupsi dan jebakan kriminalisasi. Jadikan setiap keringat yang mereka teteskan dan setiap senyum warga yang mereka layani sebagai penambah catatan pahala bagi mereka di hari nanti.

Ya Allah, Ya Tuhan Maha Mengatur segalanya. Jernihkan pikiran kami, kuatkan ikhtiar kami untuk menghadirkan reformasi birokrasi di negeri ini.

Ya Tuhan, Engkang Moho Suci. Berkahi dan lindungi para pemimpin kami, mulai dari pemimpin tertinggi di negeri ini hingga para pemimpin masyarakat di lingkungan terdekat kami.

Ya Allah Yang Maha Menerangi. Berilah usia yang panjang, berilah kesehatan yang sempurna, berilah hati yang bahagia kepada Abang kami, kepada mentor kami, kepada pemimpin kami, Bapak Surya Paloh yang hari memperingati miladnya yang ke-72. Limpahi dirinya dengan segala kebaikan dengan segala perlindungan dan segala keberkahan, teguhkan komitmen dan kegigihannya, serta lapangkan jalannya dalam memperjuangkan gerakan perubahan, gerakan restorasi, meluruskan kembali arah bangsa, dan jadikanlah kami semua barisan pendukung yang kokoh dan solid di belakangnya.

Ya Allah Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat. Dalam perjalanan ke depan, lindungan kami dari kedengkian, dari kezaliman, jangan Engkau jadikan kami saran fitnah. Sibukkanlah orang zhalim dengan orang zhalim lainnya. Selamatkan kami dari tipu daya dan kejahatan limpahkanlah kesabaran atas kami dan teguhkan pendirian kami. Cukuplah Engkau sebagai Penolong kami, dan tak ada daya dan kekuatan selain pertolongan dari-Mu Ya Allah.

Ya Tuhan Yang Maha Mengasihi. Lindungi masyarakat kami, jadikan kampung kami kampung yang rukun, jadikan desa kami desa yang guyub, saling menolong, saling melindungi, jadikan perbedaan di antara kami sebagai penguat bukan sebagai pemisah.

Ya Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Lindungi keluarga kami, cukupkan dengan karunia-Mu, kelilingilah kami dengan kelembutanmu, ampuni orang tua kami, limpahkanlah kepada mereka kasih sayang-Mu sebagaimana mereka memberikan kasih sayang kepada kami di masa kami kecil.

Aamiin3x Allaahumma Aamiin…. [mc/aza]

Terpopuler

To Top