Nasional

Ikut Mangayubagyo, Ratusan Relawan AMIN Datangi KPU Provinsi dan Puluhan KPUD di Jateng

Nusantarakini.com, Semarang – 

Ratusan Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dari berbagai simpul dan Tim Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Relawan AMIN mendatangi kantor KPU Provinsi Jawa Tengah di Jalan Veteran Nomor 1, Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Ketua Bakorsi Jateng, Toto Widiarto, menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai Mangayubagyo (ungkapan rasa berbahagia) dan mendukung KPU bisa menyelenggarakan pemilu 2024 dengan jujur dan adil.

“Bakorsi dan Relawan AMIN Jateng nderek mangayubagyo atas pendaftaran pasangan AMIN ke KPU hari ini. Dan kita mendukung KPU bisa menyelenggarakan pemilu 2024 dengan jujur dan adil,” tutur Widiarto kepada Nusantarakini.com, Semarang, Kamis (19/10/2023).

Dia juga membeberkan, ada puluhan Tim Bakorsi dan Relawan AMIN di kabupaten dan kota yang ada di Jateng ikut mangayubagyo dengan mendatangi kantor KPUD di daerahnya masing-masing.

“Alhamdulillah teman-teman Tim Bakorsi dan Relawan AMIN dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jateng ikut mangayubagyo dengan mendatangi KPUD di daerahnya masing-masing. Dan jumlahnya puluhan,” ucap Toto, panggilan akrab Widiarto.

“Propinsi ke KPUD Provinsi Jateng, Kota Semarang ke KPUD Provinsi Jateng. Dan yang ke KPUD Kabupaten/Kota antara lain Banjarnegara ke KPUD, Magelang Raya ke KPU Kabupaten Magelang dan Kota Magelang, Kebumen, Cilacap, Purworejo, Kabupaten Tegal, Karanganyar, Batang, Demak, Blora, dan lain-lain,” lanjutnya.

Kehadiran para pendukung AMIN ini bagian dari menyemarakkan dan ungkapan rasa syukur serta bahagia atas mendaftarnya Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada saat yang sama ke KPU Pusat, Jakarta, sebagai capres-cawapres.

Dikutip Kbanews.com, Relawan AMIN tersebut antara lain dari DPW ANIES Jateng dan Kota Semarang, Jarnas ABW Semarang Raya, SKI Jateng dan Kota Semarang, serta dari Tim Bakorsi Kota Semarang. Bakorsi adalah program kerja Forkom (Forum Komunikasi) Relawan ABW yang terdiri dari simpul-simpul relawan seperti JarNas, ABC, AP24, Barisan Kompas Indonesia, Anieser SJS, dan lain-lain.

Juga turut serta perwakilan dari Partai NasDem, PKS, PKB, dan Partai Ummat Jawa Tengah.

M. Agus Achidin dari simpul relawan ANIES menjelaskan sebelum masuk ke ruangan KPU untuk beraudiensi dengan para komisioner, pihaknya terlebih dahulu membentangkan sejumlah spanduk bergambar Anies-Muhaimin yang berisi doa dan harapan untuk kebaikan negeri.

“Kita juga menyanyikan lagu Pemilu dan orasi tentang perubahan di depan kantor KPU Provinsi Jawa Tengah,” tuturnya.

Setelah berorasi, sekitar 30 orang perwakilan relawan dan pengurus diterima Ketua KPU Jawa Tengah. Perwakilan relawan ini dipimpin Koordinator Presidium DPW ANies Jateng yang juga Ketua KPU Jawa Tengah 2013-2018, Joko Purnomo.

Dalam audiensi tersebut, pihaknya menyampaikan pernyataan dukungan kepada KPU Jawa Tengah sebagai penyelenggara pemilu untuk bertindak jujur, adil, transparan, dan profesional pada Pemilu 2024 ini.

Pernyataan ini dibacakan Qoimun dari Bakorsi Kota Semarang yang juga sebagai relawan dari AP24 dengan didampingi Indra Abdur Rahman dari JarNas Semarang Raya yang juga sebagai Tim Monitoring dan Evaluasi DPP JarNas.

Menariknya, acara audiensi itu juga diisi dengan pembacaan puisi Kepada Bangsaku ciptaan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar oleh Azmi Abdul Majid, Ketua SKI Jawa Tengah. Setelah itu, pertemuan ditutup dengan sesi foto bersama para pendukung AMIN dan komisioner KPU Jateng.

“Kemudian dilanjut sesi orasi di halaman parkir kantor KPU Jawa Tengah beberapa saat,” sambung Agus Achidin.

Para relawan AMIN kemudian membubarkan diri dan kembali ke tempat masing-masing seiring dengan mulai berdatangannya pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang kemungkinan juga akan melakukan hal yang sama.

Menurut Agus, para relawan dari berbagai simpul tersebut kemudian meneruskan dengan acara syukuran tumpengan di sekretariat masing-masing atas telah mendaftarnya pasangan AMIN di KPU RI. [mc]

Terpopuler

To Top