Pengukuhan Tim 100 Bakorsi Kota Yogyakarta Disaksikan Tokoh Senior Militansi Tinggi. Begini Pesannya

Nusantarakini.com, Yogyakarta –

Pengukuhan Tim 100 Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Relawan Anies Baswedan Kota Yogyakarta berjalan sukses. Acara yang dihadiri Tim Bakorsi Nasional (Bakorsinas), Bakorsi Provinsi Daeah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan tokoh Yogyakarta yang masyhur karena militansinya sejak era Orde Baru, H.M. Syukri Fadloli, SH, MKn.

Ketua Bakorsi Provinsi DIY, M. Ilham Mukmin, menyampaikan bahwa Tim 100 Bakorsi Kota Yogyakarta berhasil dikukuhkan ditandai dengan penyerahan SK Bakorsi kepada Ketua Bakorsi Kota Yogyakarta, Kustanto. Dengan disaksikan politisi gaek dari Partai Persatuan Pembangunan “Khittah” yang juga didapuk sebagai Ketua Dewan Penasehat Bakorsi Provinsi DIY dan Tim Bakorsinas.

“Alhamdulillah pengukuhan dan pelantikan Bakorsi Kota Yogyakarta berhasil diselenggarakan dengan disaksikan bapak Syukri Fadloli dan Tim Bakorsinas, seperti Mas Fikron, mas Deby dan Mbak Titi,”ucap Ilham kepada Nusantarakini.com, Yogyakarta, Sabtu, (30/9/2023).

Ketua Bakorsi DIY menyerahkan SK Bakorsi kepada Ketua Bakorsi Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Admin Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan Yogyakarta (FORKOM Relawan ABW) ini juga mengaku sangat optimis dengan pengukuhan berikutnya sampai ke Bakorsi Kecamatan, karena banyak tokoh senior yang ikut gabung. Terlebih mereka sudah mempunyai jaringan sampai ke tingkat kelurahan.

“Kita yakin dengan bergabungnya tokoh senior di Bakorsi Kota Yogyakarta, akan mudah membentuk Bakorsi sampai ke tingkat kecamatan, bahkan sampai kelurahan. Apalagi mayoritas di sini (Yogyakarta), itu seperti Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) sudah mempunyai pengurus sampai tingkat kelurahan,” beber Ilham.

Ketua Jaringan Relawan Anies Baswedan (Jarnas ABW) DIY ini juga menyampaikan pesan dari Syukri Fadloli saat memberikan sambutannya. Beliau berharap anggota Bakorsi memiliki sifat ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT.

“Seorang sukarelawan bekerja berdasarkan niatan demi kebaikan dan Ridho Allah SWT,” ucap mantan politisi PPP ini.

Syukri juga ingat saat Pemilihan presiden 2019, dimana ada yang konsisten dan ada yang sudah berubah.

“Dahulu ibadahnya bagus tapi sekarang sudah berubah,” ucapnya.

Kendati demikian, Syukri Fadloli optimis Bakorsi Kota Yogyakarta akan mampu memenangkan Pasangan AMIN, karena mayoritas dia sudah kenal dan memiliki sifat ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT.

Politisi senior PPP sejak era Orde Baru, HM. Syukri Fadloli, saat memaparkan pengalamannya di depan Bakorsi Relawan ABW Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Ilham menambahkan keterangannya, ada usulan yang bagus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Selain ada Pakta Integritas Bakorsi, juga sebaiknya di tingkat kelurahan saat pencoblosan nanti melakukan patroli untuk memastikan semua saksi ada di TPS.

“PKS sudah melakukan pakta integritas terhadap para saksi, dan pada saat hari H dilakukan patroli untuk menjaga kedisiplinan para saksi. Hal ini dilakukan di tingkat kelurahan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bakorsi Kota Yogyakarta, Kustanto, menyampaikan rasa bangga dan optimis dengan program dan sistem yang diterapkan Bakorsi Relawan ABW dalam memenangkan Pasangan AMIN dalam pilpres mendatang.

“Program Bakorsi sangat bagus, kami yakin bisa memenangkan Pasangan AMIN dengan menerapkan sistem ini. Karena satunorang Bakorsi paling tidak bisa mengamankan suara keluarganya. Ada istri, anak dan menantu, sehingga minimal akan dapat empat suara,” jelas Kustanto saat dihubungi redaksi.

“Kemudian berikutnya kita mengajak tetangga dengan pola seperti itu. Jadi ini strategi yang bagus,” imbuhnya.

Ketua Sukudholl Yogyakarta ini juga menyampaikan, bahwa Tim Bakorsi Kota Yogyakarta akan langsung bergerak menindaklanjuti dengan pembentukan Bakorsi tingkat kecamatan.

“Karena yakin, kami langsung bergerak silaturahmi bertemu beberapa tokoh untuk pembentukan Bakorsi Kecamatan yang jumlahnya ada 14 kecamatan,” terangnya.

“Kami juga mohon maaf baru bisa menjawab malam saat dihubungi Nusantarakini.com, karena kami sedang bertamu,” tambahnya.

Pria bugar penggemar gowes ini juga menyampaikan, cara pengukuhan yang digelar di kantor DPTW PKS DIY, Jalan Gambiran No.41, Pandean, Umbulharjo, Yogyakarta ini dihadiri sekitar 90 peserta dan beberapa simpul Relawan ABW Kota Yogyakarta. Yaitu Jarnas ABW, AP24, Sukudholl, Kawulo Mataram, Purwo71+, PMMI, danĀ  AB Ningrat.

“Alhamdulillah PKS menyambut dengan baik dengan memfasilitasi tempat dan makan siang untuk pengukuhan dan pelantikan Tim Bakorsi Kota Yogyakarta. Meskipun tidak hadir penuh, karena sedang musim hajatan, tapi acara sukses digelar. Juga dengan penandatanganan Pakta Integritas anggota Bakorsi,” pungkasnya.