Nasional

Reuni Ageng Alumni SMA 1 Kota Magelang Usung Peduli Sesama dan Merawat Bumi

Nusantarakini.com, Magelang –

Kepedulian terhadap lingkungan dan sesama menjadi tema sentral yang diusung pada pertemuan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kota Magelang (IKASMANSATAMA) lintas angkatan yang diadakan selama dua hari, 15-16 Juli 2023 di Magelang, Jawa Tengah.

Ribuan alumni telah dihasilkan sekolah yang tahun ini telah berumur 73 tahun itu, tersebar di seluruh Indonesia, dan telah menduduki sejumlah jabatan strategis, baik di pemerintahan maupun swasta. Jumlah pendaftar reuni ageng ini tercatat mencapai 4.000 orang, baik dari Indonesia maupun yang tinggal di luar negeri.

Tiga lokasi dipilih dalam reuni kali ini yakni, Candi Borobudur, SMA Negeri 1 Kota Magelang, dan Puri Asri Hotel & Resort. Serangkaian acara diadakan mulai dari penanaman pohon kepel, nagasari, dan baobab; juga syuting kampanye pelestarian cagar budaya dengan busana bernuansa etnik terbanyak yang menjadi rekor; dan acara pentas seni ditengah silaturahmi para alumni.

Saat syuting kampanye pelestarian cagar budaya, dengan lantang para alumni meneriakkan : ‘Save Heritage for Future’, yang merupakan ajakan alumni mencintai dan melestarikan heritage, sekaligus agar gaung kampanye terdengar nasional maupun internasional karena dilakukan di Candi Borobudur yang menjadi warisan dunia.

Suasana suka cita alumni SMA 1 Kota Magelang lintas angkatan ketika syuting kampanye pelestarian cagar budaya di Candi Borobudur. (Foto: Istimewa)

“Salah satu tujuan berkumpulnya alumni dalam Ikasmansatama adalah memperat jalinan silaturahmi antar alumni sekaligus memberi manfaat melalui kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” kata Ketua Umum Ika Smansatama, Ir. Agus Marsudi, M.Sc., yang juga suami dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pada kesempatan tersebut Agus Marsudi juga menyerahkan estafet keketuaannya kepada Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada ini.

Sementara itu, Prof. Didi Achjari, alumni angkatan 1989 berharap, “Semoga di Reuni Ageng 2023 ini para alumni bisa bernostalgia mengingatkan kembali masa-masa indah penuh kenangan yang pernah dilewati bersama semasa SMA”.

Dia menambahkan, sejak tamat SMA, para alumni terpisah untuk mengejar cita-cita dan masa depannya.

“Namun di Reuni Ageng 2023, alumni bertemu dan bersatu kembali untuk mempererat tali persaudaraan, mengenang kenangan yang indah, menertawakan cerita lucu, saling memberikan dukungan dan motivasi dalam perjalanan hidup masing-masing,” serunya.

Pelaksanaan Reuni Ageng 2023 ini secara langsung telah memberikan manfaat bagi UMKM dan perhotelan di daerah tersebut. “Kami mengapresiasi penyelenggaraan Reuni Ageng 2023 ini dan membuat perekonomian Magelang kian menggeliat. Hotel-hotel penuh oleh alumni. Venue-venue banyak di-booking untuk temu kangen tiap angkatan. Para alumni juga tentu akan berbelanja produk khas kota tercintanya untuk oleh-oleh orang terdekat. Semua ini tentu berdampak luas bagi perputaran ekonomi di kota ini,” aku Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, alumni angkatan 1991 yang ikut menghadiri acara tersebut.

Kegiatan temu alumni ini sudah kesekian kali dilakukan. Seperti pada 1993 di Hotel Borobudur, Jakarta, 2005 di Kelapa Gading, 2007 di Puri Asri, 2013 di Lemhannas, dan 2017 di Puri Asri Magelang.

Tercatat sejumlah anggota Ikasmansatama yang telah berkiprah luas yakni, Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji (Mantan Gubernur Lemhannas dan Direktur PT TWCB), Letjen TNI (Purn) Herindra (Wakil Menteri Pertahanan), Ir. Bambang Tri Sasongko (Direktur MAB / bus listrik), Taty Hendropriyono (istri Jenderal Hendropriyono), Prof. Ir. Wardijasa (Tokoh Industri Kimia Indonesia), Darmawan Prasodjo (Dirut PLN), Prof. Eniya Listiani Dewi (Deputy Chairperson BRIN), Slamet Santosa (HK Gold), Dr. Ir. Rozik Boedioro Soetjipto (Menteri PU RI ke-21), Laksma TNI (Purn) Fanani Tedjokusumo (Danlantamal IV periode 2005 – 2006) dan lainnya. [mc]

Terpopuler

To Top