Nasional

Jelang Pemilu, Simpul Relawan Anies Siap Jaga Situasi Kamtibmas yang Kondusif

NUSANTARAKINI.COM – Polda (Kepolisian Daerah) Provinsi Jambi mengundang simpul relawan Anies Basswedan untuk sarapan bersama, Senin (12/6/2023). Sarapan itu berlangsung di Kopitiam, kawasan Palmerah, Kota Jambi dari pkl 09.00-10.30 WIB.

Dari Polda Jambi, Kasubdit (Kepala Subdirektorat) Politik Dit Intelkam Polda Jambi, AKBP S Bagus Santoso S.IK., MH., hadir beserta timnya. Sedangkan, jumlah relawan dari simpul Anies sebanyak 17 orang.

Setelah sarapan dilanjut dengan dialog ringan. Dalam pengantarnya, AKBP Bagus menyampaikan, tujuan dari undangn sarapan itu sebagai sarana silaturahmi sekaligus berkoordinasi agar kegiatan-kegiatan relawan dapat berjalan dengan baik.

AKBP Bagus mengingatkan tentang pentingnya bijak di media terutama medsos karena dapat berefek negatif ke wilayah Jambi secara keseluruhan.

Selain itu, diingatkan juga agar simpul-simpul relawan menyampaikan, pemberitahuan dan izin keramaian sesuai aturan yang berlaku.

“Karena meski pun sekarang belum masuk masa kampanye, namun tetap boleh melakukan sosialisasi dan berkegiatan,” katanya.

Simpul-simpul relawan Anies yang hadir menyambut positif seruan tersebut. Mereka bahkan sepakat, situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) wajib dijaga kondusif menjelang Pemilu (Pemilihan Umum) 2024.

Secara khusus, Muhammad Agus Widiyanto, Ketua Jarnas Jambi sekaligus Admin Forkom (Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies) Jambi mengajak semua pihak agar Pemilu 2024 dapat dilaksanakan secara jujur dan adil.

Menurut Agus, karena hanya dengan begitu, Presiden terpilih ke depannya akan memerhatikan kepentingan rakyatnya tanpa perlu melakukan politik balas jasa pada pemodal atau pihak-pihak sponsor.

“Pemilu lima tahunan ini adalah siklus yang biasa dalam mekanisme demokrasi, untuk mengevaluasi dan memilih pemimpin. Kesempatan untuk memilih pemimpin yang dapat menunaikan janji kemerdekaan 17 Agustus 1945, sekaligus tujuan bernegara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum dan ikut serta menjaga perdamaian dunia yang kekal dan abadi. Sebagaimana termaktub pada pembukaan UUD 1945,” jelas Agus.

Dia menjelaskan, mencerdaskan kehidupan bangsa wajib dilaksanakan  pada tiap tahapan Pemilu.

“Diantaranya dengan sosialisasi capres yang positif, tidak menyebar hoax dan menjelekkan capres lainnya. Di sinilah simpul-simpul Relawan Anies berperan penting saat ini,” terangnya.

Agus menambahkan, simpul-simpul Relawan tumbuh pesat saat ini, termasuk di Jambi.

“Mereka tumbuh secara organik karena memang lebih luwes dan lentur. Bahkan, partai-partai pun banyak yang mendeklarasikan relawan-relawan pendukung,” tambahnya.

Selain itu, dalam simpul relawan tidak ada pecat-memecat seperti di partai. Hubungannya sangat cair.

Di Jambi bahkan saling mengenal satu sama lain. Sehingga, tidak mengherankan bila tiap simpul relawan saling silaturahmi.

Acara sarapan itu ditutup dengan foto bersama dan yel-yel untuk saling menyemangati. Rencananya, acara seperti ini akan diadakan secara periodik.

Terpopuler

To Top