Pilkada DKI

Terungkap! Hasil Survey LSI, Non Muslim Kompak Pilih Ahok


5 October 2016, 12:34
Dilihat   6.4K

Nusantarakini.com, Jakarta – Ada yang menarik dari temuan survey elektabilitas Ahok terbaru. Ternyata non muslim kompak memilih Ahok.

Hasil survei LSI yang digelar dari 28 September-02 Oktober 2016 dengan total responden sebanyak 440 responden berdasarkan wawancara tatap muka menemukan merosotnya dukungan terhadap Ahok. Riset dilakukan dengan metode multi-stage random sampling. Margin of Error plus minus 4,8%.

Survei dilengkapi pula dengan kualitatif riset (FDG/focus group discussion, media analisis, dan depth interview).

Saat diteliti peta dukungan dari segmen agama, pasangan Ahok-Djarot memperoleh 80 persen dari non Muslim. Namun di pemilih Muslim, ahok kini merosot menjadi di bawah 30 persen.

Hanya karena pemilih Muslim punya dua cagub Muslim, suara terbagi. Di putaran kedua, porsi besar pemilih Muslim ini bersatu melawan Ahok. Sementara porsi pemilih Muslim total sekitar 90 persen.

Pasangan Ahok dipilih pemilih muslim (beragama Islam) sebesar 27,7 persen, dan pemilih non-muslim(agama Kristen, Protestan, Budha, Hindu) sebesar 83,3 persen.

Sedangkan, pasangan Anies-Uno dipilih pemilih muslim sebesar 22,8 persen, dan pemilih non-muslimhanya memperoleh angka dibawah margin error (<4,8 persen).

Berikutnya, pasangan Agus-Sylviana dipilih pemilih muslim sebesar 20,6 persen, dan pemilih non-muslim hanya memperoleh angka dibawah margin error (<4,8 persen).

Berikutnya di segmen pendapatan, pasangan Agus-Sylviana menang di segmen pemilih wong cilik atau pemilih berpendapatan rendah (dibawah 999 ribu rupiah) sebanyak 21,9 persen.

Sedangkan di segmen yang sama pasangan Ahok-Djarot hanya memperoleh dukungan sebesar 18,8 persen. Ini menunjukkan terjadi migrasi pemilih ke pasangan Agus – Syilviana.

Di segmen yang sama, Anies-Uno memperoleh sebesar 15,6 persen.

Terakhir yang juga penting diperhatikan yaitu segmen pemilih berdasarkan usia. Pasangan Agus-Sylviana unggul di segmen pemilih berusia muda (19 tahun atau dibawahnya) sebesar 33,8 persen.

Dibandingkan dengan pasangan Anies-Uno yang hanya dapat sebesar 30,8 persen, di segmen pemilih pemula.

Dan pasangan Ahok-Djarot memperoleh sebesar 27,8 persen. (sed)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!