Budaya

Tragis, Kuliner Asli Surabaya Terancam Punah


15 September 2016, 12:45
2
Dilihat   370

Nusantarakini.com Surabaya,  Berbicara makanan kuliner Surabaya, mungkin yang pertama muncul di benak orang adalah rujak cingur, mayoritas orang kurang tahu bahwa ada makanan khas lain yang lebih asli sebagai kuliner Surabaya, yaitu semanggi.

Sebab semua bahannya adalah sayuran, sehingga semanggi disebut sebagai makanan vegetarian. Komposisi utamanya ialah daun semanggi yang dikukus atau direbus. Lalu dilumuri saus kacang atau lebih dikenal sambal pecel.

Sayangnya makanan itu sudah langka dan di ambang kepunahan. Lebih sedih lagi warga Surabaya sendiri sudah banyak yang tak menegenal makanan jenis ini.

Semanggi hanya dapat ditemui di beberapa tempat, itupun hanya dijajakan oleh penjual keliling yang tak memiliki gerobak.

Seorang penjual semanggi bernama Sumartini menuturkan, sebenarnya kuliner itu masih digemari sebagian warga Surabaya, terutama kalangan dewasa. Dagangannya selalu habis setiap hari. Rasanya yang manis bercampur pedas menjadi faktor ketertarikan pembeli.

“Manis dan pedasnya itu dari sambal pecelnya. Terus semangginya sendiri itu rasanya seger dan gurih karena sambil makan kerupuk puli yang bisa dipakai untuk sendoknya,” ungkap Sumartini.

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Close
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu