Nasional

Seratus Ribu Kaum Muslimin Berkumpul di Cikampek Bahas Usaha Dakwah, Ada Apa?


28 May 2016, 18:34
Dilihat   3.6K

Nusantarakini.com, Jakarta – Diperkirakan sebanyak seratus ribu kaum muslimin berkumpul di bekas pabrik mobil timor, Cikampek, Jawa Barat. Mereka yang berasal dari pulau jawa, kalimantan, sulawesi, sumatera dan luar negeri tersebut berkumpul setiap tahun untuk membahas usaha meyuburkan dakwah.

Kaum muslimin yang berkumpul tersebut dikenal luas oleh masyarakat dengan nama Jamaah Tabligh.

Saat nusantarakini.com berbaur dengan jamaah, salah seorang penyampai bayan (ceramah) menyatakan bahwa pertolongan Allah hanya akan datang jika seorang muslim yakin akan amalnya. Kemudian selain yakin, dia juga harus dengan gigih mengamalkan agama.

Jamaah tabligh memiliki kerja-kerja dakwah yang sudah terstruktur. Di antaranya ada yang dinamakan khuruj (keluar untuk berdakwah di jalan Allah) dari yang paling singkat selama tiga hari, empat bulan hingga setahun. Ada yang keluar di sekitar lingkingan setempat, ada yang di luar kota, ke luar negeri seperti India, Pakistan dan Bangladesh dan negeri jauh, misalnya ke Asia Timur seperti Jepang dan China, Amarika Latin hingga Eropa.

Jamaah Tabligh kini telah berkembang pesat. Di setiap propinsi hingga kecamatan senantiasa terdapat kumpulan jamaah. Di luar negeri, seperti Afrika hingga Eropa dan Amerika, jamaah tabligh tumbuh dengan subur. Berbagai lapisan masyarakan mengambil manfaat dari hadirnya jamaah rintisan Maulana Ilyas, seorang ulama besar dari Mewat, India. Jamaah ini terbuka untuk setiap muslim dan memiliki ciri menghindari pembicaraan politik dalam aktivitas dakwahnya. Sebab diyakini, pembicaraan politik hanya akan memicu perbedaan pendapat dan pertengkaran. Padahal tujuan dakwah adalah supaya rasa persatuan dan persaudaraan sesama muslim tumbuh tanpa prasangka.

Bagi yang bermaksud menghadiri ijtimak di Cikampek yang berlangsung hingga Senin besok, dapat mencapai pertemuan tersebut melalui jalur tol cikampek atau juga kereta api. Anda tinggal keluar dari mulut Tol Cikopo, Dahuwan, Cikampek. Di mulut tol tersebut, panitia penyambut akan mengantarkan pengunjung atau jamaah hingga ke lokasi. (sed)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu