Politik

Survei LKPI-StarPoll: Masyarakat Morowali Menilai Kinerja Taslim-Najamudin Biasa-Biasa Saja

Nusantarakini.com, Morowali –

Pasca hiruk pikuk kontestasi Pilpres 2024 yang sampai saat ini masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan adanya sengketa hasil  Pilpres, kini saatnya kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang sudah mulai menghangat dalam pemberitaan media termasuk juga maraknya lembaga survei yang sudah memulai penjajakan untuk mengukur elektabilitas dan popularitas bacalon kepala daerah.

Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI-Starpoll) kembali melakukan survei kepuasan publik untuk mengukur kinerja dari Bupati dan Wakil Bupati Morowali berdasarkan penilaian masyarakat.

Peneliti LKPI-Starpoll, Ramadhani,  menyampaikan bahwa hasil survei lembaganya secara  menggambarkan bahwa masyarakat Morowali menilai bahwa kepuasan terhadap kinerja Bupati Taslim dan Wakil Bupati Najamudin ternyata biasa-biasa saja.

Dia juga memaparkan prosentase perolehan survei tentang kepuasan masyarakat Morowali terhadap kinerja Bupati Taslim dan Wakil Bupati Najamudin.

Sebelum terjun ke lapangan, LKPI-Starpoll membekali para enumerator (surveyor) dengan pelatihan khusus.

“Masyarakat Morowali menganggap kinerja Bupati Taslim biasa-biasa saja (45%); yang menilai sangat memuaskan hanya 7%, memuaskan 39%, tidak memuaskan 7%, dan sangat tidak memuaskan 2%,” kata Dhani kepada Nusantarakini.com, Morowali, Senin (1/4/2024).

“Sedangkan untuk pak Najamudin, masyarakat yang menganggap kinerjanya biasa-biasa saja sangat tinggi, yaitu 50%. Yang menilai memuaskan 34%, sangat memuaskan 7%, tidak memuaskan 7%, dan sangat tidak memuaskan 2%,” imbuhnya.

Dhani juga memaparkan, dalam survei kali ini, sampel populasi yang diambil adalah warga masyarakat Kabupaten Morowali yang sudah memiliki hak pilih, yaitu yang sudah berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

“Penarikan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling, Penarikan sampel melakukan proporsi jumlah sampel di setiap kecamatan dan juga jumlah proporsi berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan,” ucapnya.

Sedangkan jumlah sampel yang diambil yaitu sebesar 503 orang, yang tersebar secara proporsional di 9 kecamatan di Kabupaten Morowali. Survei ini mendapati margin of error sebesar +-4,4% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Survei yang dilakukan mulai tanggal 22-29 Maret 2024 ini dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung dengan menggunakan kuesioner oleh enumerator (surveyor) yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. [mc]

Terpopuler

To Top