Nasional

Dukungan Warga NU Tersebar di Tiga Paslon Capres-cawapres, Anies–Muhaimin dan Prabowo–Gibran Mendapat Dukungan Terbanyak

Nusantarakini.com, Jakarta –

Hasil Survei Nasional Terbaru LKPI StarPoll mengungkap bahwa warga yang menyatakan diri berafiliasi dengan Nahdatul Ulama (NU) masih terbelah dalam mendukung Pasangan Capres Prabowo–Gibran (37 persen) dan Anies–Muhaimin (36,6 persen) dalam pemilihan 14 Februari Presiden 2024 nanti.

Sementara itu sebanyak warga NU yang memilih pasangan Ganjar–Mahfud sebanyak 12.4 persen. Demikian temuan hasil survei nasional yang diumumkan oleh LKPI Starpoll di Jakarta hari ini, Selasa, 16 Januari 2024.

Dosen Universitas Indonesia (UI) DR Lili Romli menyatakan bahwa hasil survei ini tidak mengejutkan, “Warga NU punya kecenderungan mengikuti pilihan kyai panutan mereka. Masalahnya ketiga paslon juga telah menempatkan tokoh-tokoh NU dalam jajaran tim pemenangan mereka dan rajin sowan menyambangi para Kiai pondok pesantren. Tak heran bahwa ketiga pasangan Capres sama-sama mendapatkan dukungan dari warga NU,” papar Lili sebagai pembahas acara rilis hasil survei LKPI Starpoll, Jakarta, Selasa, (16/1/2024).

Berbeda dengan warga NU yang masih terbelah, warga Muhammadiyah cenderung lebih solid melabuhkan dukungan kepada Anies–Muhaimin, 45.4 persen memilih pasangan ini. Sementara yang memilih pasangan Prabowo–Gibran dan Ganjar–Mahfud masing-masing sebanyak 28,7 persen dan 17,2 persen.

Demikian juga dengan warga non Muslim yang lebih solid mendukung Prabowo–Gibran (49.1 persen) dan Ganjar–Mahfud (33.8 persen), ketimbang kepada Anies–Muhaimin yang hanya mendapatkan dukungan sebesar 8,9 persen.

Survei LKPI Starpoll juga menemukan bahwa elektabilitas Anies–Muhaimin menguat dengan 33.2% suara, mendekati suara pasangan Prabowo–Gibran yang masih mendapatkan suara tertinggi dengan 35.5%. Sementara itu pasangan Ganjar–Mahfud mendapatkan 16.8% dan yang tidak menjawab sebenara 14.5%.

“Dengan temuan ini maka Pemilu Presiden kemungkinan akan berjalan dua putaran karena tidak ada seorang paslonpun yang mendapatkan suara lebih dari separuh sebagaimana ketentuan undang-undang Pemilu,” kata Peneliti LKPI Starpoll, Kurniawan Zein.

Survei LKPI Starpoll tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 dengan mewawancarai 2.500 orang yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka di 38 provinsi di Indonesia. Dengan metode ini survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [mc]

Terpopuler

To Top