Nasional

Anies Baswedan jadi Idola Kpopers Gen Z, Pasca Trending Live TikTok

Nusantarakini.com, Jakarta –

Calon presiden (capres) Anies Baswedan, tengah trending di media sosial TikTok. Anies menjadi trending topic setelah untuk pertama kalinya ia melakukan live TikTok pada Jumat, (29/12) malam.

Dalam live TikTok bertitelkan “Temani Saya di Jalan” sekitar pukul 22.00 malam itu dan berdurasi sekitar 27 menit itu, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini mendapatkan viewers 302.700 ribu lebih warganet.

Berbagai bahasan ringan dan pesan capres Anies yang dekat dengan keseharian anak muda disampaikan. Mulai dari jangan takut gagal, skripsi, soal pengalaman baru bahkan hingga Anies yang menanyakan bagaimana cara mematikan live TikTok disambut hangat netizen.

Salah satu pengguna TikTok mengatakan sangat tersentuh dengan sikap Anies yang sangat kebapakan. Anies disebut tampil lembut layaknya seorang ayah bagi para pengguna TikTok yang didominasi gen Z.

“Tadi di live aku bilang ke Pak Anies ‘i don’t have father since i was child, and i see u as a father (saya tidak punya ayah sejak kecil, dan saya melihat Anda selayaknya ayah saya sendiri’. Dan Pak Anies responnya hangat dan comforting (membuat nyaman) banget, emang cocok nonton live beliau bagi kaum-kaum fatherless kayak aku gini hahaha,” tulis akun @megistusta.

Netizen lain mengatakan Anies memiliki sifat khas bapak-bapak yang polos dan lucu ketika menggunakan teknologi kekinian. Bukannya merendahkan, mereka justru merasa lucu dan menganggap Anies sangat apa adanya.

“Pak Anies live di TikTok: gak tahu cara matiin live, kaget nunjukin buku kebalik karena kamera mirror, kepencet filter beauty. He really took the role for this fatherless country (dia benar-benar berperan penting pada rakyat yang banyak kekurangan sosok seorang ayah dalam hidupnya),” tulis akun @catquean.

kepopuleran Anies setelah live di TikTok ternyata juga terjadi di X atau Twitter. Bahkan, para penggemar Kpop di X sampai membuat akun fanbase untuk Anies Baswedan ala idol Korea Selatan.

Akun X yang didedikasikan oleh fans Kpop untuk Anies adalah @Aniesbubble. Belum sampai 24 jam akun tersebut dibuat, follower-nya telah mencapai lebih dari 18 ribu akun.

Anies bahkan diberikan sebuah emoji yang merepresentasikan dirinya, seperti yang biasa dimiliki idol K-pop. Emoji untuk anies adalah burung hantu. Alhasil, mantan gubernur DKI Jakarta ini dijuluki Owl Ahjussi.

Berbagai kampanye pasangan Amin yang menyasar anak muda memang disambut penuh antusias. Sebelum live TikTok ini, kampanye dialogis bertajuk Desak Anies disambut antusias di mana-mana. Bahkan, di media sosial, menurut analisis dari berbagai lembaga termasuk Drone Emprit, kampanye Desak Anies mencapai trending, menggusur kampanye Gemoy.

Potongan dialog Desak Anies di Medan yang diunggah di Youtube, misalnya, ditonton lebih dari dua juta kali. [MC/Z-9]

*Sumber: MediaIndonesia.com.

Terpopuler

To Top