Nasional

40 Kota Mau Disulap Pasangan AMIN Setara DKI Jakarta, Ini Daftarnya

Nusantarakini.com, Jakarta –

Saat berbicara dalam debat calon wakil presiden (cawapres), Muhaimin Iskandar (Gus Imin), yang menempati posisi nomor urut 1, menyampaikan niatnya untuk membangun 40 kota setara dengan DKI Jakarta.

Tujuan dari inisiatif ini adalah memberikan dukungan kepada populasi yang diproyeksikan mencapai 70% tinggal di perkotaan pada tahun 2045.

Dalam ungkapannya pada Debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023), Muhaimin menyatakan, “Kami memiliki tekad bahwa di masa pemerintahan berikutnya, setidaknya 40 kota baru selevel dengan Jakarta harus dibangun. Kota-kota ini diharapkan mampu menampung jumlah penduduk yang signifikan, serta menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.”

“Selain itu, pembangunan ini juga harus memastikan lingkungan yang terjaga dengan baik untuk mendukung kesehatan, termasuk menciptakan kehidupan yang memberikan kenyamanan bagi semua penduduk. Perumahan tidak seharusnya terlalu jauh dari pusat pekerjaan, dan akses pendidikan harus mencakup kebutuhan masyarakat,” lanjut Gus Imin.

Menanggapi hal tersebut, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyatakan bahwa Gus Imin memiliki dasar yang kuat untuk usulannya.

Anies menegaskan bahwa pembangunan 40 kota tersebut berbeda dengan proyek IKN.

Pihaknya tidak akan membangun kota baru, melainkan memajukan 40 kota yang sudah ada untuk dinaikkelaskan sehingga bisa menjadi penggerak perekonomian di seluruh Indonesia.

“Ini contoh nih, jadi 40 kota ini sebagai pusat kebutuhan, ini bukan kota-kota yang nol, lain dengan membuat IKN, IKN itu lahan kosong dibangun kota, kalau ini kota yang didorong kemajuannya. Jadi yang disampaikan Gus Imin itu ada dasarnya,” ujarnya saat diskusi dengan mahasiswa Jawa Tengah di Gor Jatidiri, Minggu (31/12).

Anies kemudian menampilkan daftar 40 kota saat memberi penjelasan yang diberi judul “Mewujudkan Pemerataan: Mengembangkan setidaknya 40 kota sebagai pusat pertumbuhan berkualitas.”

Ini daftarnya:

1. Banda Aceh

2. Medan Metropolitan

3. Padang

4. Batam

5. Pekanbaru

6. Jambi

7. Palembang

8. Pangkal Pinang

9. Bangkulu

10. Bandarlampung

11. Serang

12. Metropolitan Jakarta

13. Metropolitan Bandung Raya

14. Cirebon

15. Metropolitan Semarang

16. Cilacap

17. Malang

18. Metropolitan Surabaya

19. Metropolitan Denpasar

20. Yogyakarta

21. Surakarta

22. Metropolitan Balikpapan

23. Tarakan

24. Palangkaraya

25. Banjarmasin

26. Pontianak

27. Ternate-Sofifi

28. Ambon

29. Mataram

30. Kupang

31. Jayapura

32. Timika

33. Palu

34. Metropolitan Makassar

35. Mamuju

36. Kendari

37. Gorontalo

38. Manado-Bitung

39. Sorong

40. Merauke
*Sumber: MonitorIndonesia.com. [mc/ar]

Terpopuler

To Top