Nasional

Relawan Anies Baswedan ‘Nganjang Politik’ ke PKS, Apa Saja yang Dibahas?

NUSANTARAKINI.COM _ Pemilhan Presiden (Pilpres) tahun 2024 semakin menunjukkan peta persaingan politik yang tinggi di antara calon presiden yg diusung beberapa partai politik. Ini menunjukkan, partai politik mulai memanaskan mesinnya untuk membuktikan kesiapan masing masing partai politik dan calon presiden yg diusung.

Pun demikian, mesin politik calon Presiden (capres) Anies Baswedan yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan semakin menggeliat melakukan sosialisasi di berbagai segmen pemilih di berbagai daerah.

Tidak terkecuali dengan relawan Anies yang lahir secara sukarela dan terstruktur, semakin masif melakukan berbagai kegiatan dimasyarakat guna meningkatkan elektabilitas Anies dengan mengadopsi kearifan lokal dan potensi sumber daya yang dimiliki relawan agar mudah diterima masyarakat.

Lahirnya banyak relawan pendukung Anies Baswedan merupakan bukti dan partisipasi nyata keinginan kuat masyarakat akan adanya perubahan di negeri ini.

Besarnya potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh para relawan Anies ini juga dilakukan melalui sinergitas dalam bentuk Musyawarah Daerah (Musda) Forum Komunikasi Antar Relawan Anies Baswedan (Forkom) yang suskes diselenggarakan di Bogor Raya pada 18 Februari 2023 dan Priangan Timur tanggal 26 Februari 2023, yang diikuti oleh 65 simpul relawan dan menghasikan beberapa poin rekomendasi.

Aly Yusuf, Ketua panitia Musda Forkom Bogor Raya sekaligus Ketua Jarnas ABW Beraksi membeberkan beberapa poin rekomendasi tersebut, yaitu:

1. Memenangkan Anies Baswedan sebagai presiden 2024 dan membantu partai pendukung menjadi pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024,

2 Menyusun database relawan untuk keperluan saksi semesta di Tempat Pemungutan Suara (TPS),

3. Membuat strategi dan program aksi bersama antar simpul dengan prinsip sinergi dan kolaborasi,

4. Memperkuat simpul simpul relawan sesuai potensi dan sumber daya yang dimiliki,

5. Membentuk tim advokat relawan,

6. Membentuk posko pemenangan Anies Baswedan, dan

7. Membentuk tim media content dan pengolahan data center.

Poin rekomendasi tersebut, selanjutnya, akan disampaikan melalui program “Nganjang Politik”, yang akan dilaksanakan para simpul relawan ke Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat di masing masing wilayah dimana simpul berada.

“Nganjang Politik yang pertama dilakukan ke PKS pada hari ini di kantor DPW PKS yang diikuti 48 simpul perwakilan, dengan tujuan bisa melakukan kolaborasi strategis dan teknis di lapangan dalam kerangka pemenangan pemilu 2024” ungkap Aly Yusuf pada Sabtu (4/3/2023).

Dia menuturkan, tujuan akhir dari sinergitas dan kolaborasi antara simpul relawan Anies Baswedan dan partai politik adalah untuk membentuk mesin politik yang terstruktur dan masif hingga ke tingkat rukun tetangga (RT)

“Ini jadi bentuk nyata konsolidasi dan komitmen relawan dan partai politik dalam memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia 2024,” terangnya.

Sementara, poin hasil Musda Forkom itu ditanggapi positif oleh Ketua DPW PKS Jawa Barat, Haru Suandharu.

Dari Ngajang Politik itu lahir tiga poin kesepakatan relawan dan partai politik yaitu:

1. Anies menang, maka parpol pendukung menang Pemilu 2024,

2. Pembentukan Posko Pemenangan di setiap daerah, dan

3. Perekrutan saksi TPS semesta serta Bimbingan Teknis (Bimtek) saksi.

Terpopuler

To Top