Jarnas ABW Jatim Lakukan Persiapan Ini Menyambut Kunjungan Anies Baswedan ke Jatim

Nusantarakini.com, Surabaya –Anies Baswedan (ABW) akan berkunjung ke Jawa Timur (Jatim) 17 sampai 19 Maret 2023. Semua persiapan sudah dimatangkan, termasuk persiapan oleh para relawan untuk menyambut kehadiran bakal calon presiden (Bacapres) besutan Koalisi Perubahan.

Relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Jarnas (Jaringan Relawan Nasional) ABW Jawa Timur sudah melakukan persiapan matang untuk menyambut gawe besar itu. ‘’Kami akan all out untuk menyambut kedatangan Pak Anies Baswedan. Kami harus memastikan bahwa kunjungan Pak Anies ke Jawa Timur akan sukses dan tidak kalah dari kemeriahan sambutan di daerah lain,’’ kata Chalid Utomo, Sekretaris Umum DPW Jarnas ABW Jatim, Sabtu (4/3/2023).

Dalam kunjungan ke Jawa Timur itu Anies Baswedan dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke beberapa titik. Pada kunjungan hari pertama Jumat (17/3) Anies akan mendarat di Bandara Juanda dan langsung menuju ke Masjid Al-Akbar untuk melaksanakan shalat Jumat.

Setelah shalat Jumat Anies Baswedan akan makan siang di daerah sekitar Masjid Al-Akbar. Rencananya Anies akan makan siang di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Gayungan yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi masjid. ‘’Rencananya Pak Anies akan makan siang dengan menu suroboyoan atau jawa timuran,’’ tambah Chalid Utomo.

Dari SWK Gayungan Anies akan langsung menuju Dyandra Convention Center di Jl Basuki Rahmat untuk mengadakan pertemuan dengan para relawan dan undangan. Acara ini akan diikuti oleh ribuan orang dan akan disiarkan langsung secara live oleh TV9. ‘’Kapsitas Dyandra sekitar 3.500 orang, tapi dengan siaran langsung dari TV9 acara ini bisa disaksikan oleh jutaan warga Jawa Timur,’’ tambah Chalid.

Pada malam harinya Anies akan menginap di Hotel Shangrila Surabaya dan mengadakan pertemuan dengan kalangan profesional. Pagi harinya Anies akan shalat subuh berjamaah dan mengadakan breakfast dengan tokoh-tokoh Jawa Timur.

Sabtu (18/3) Anies akan meluncur ke Madura untuk menemui para ulama dan berbagai unsur masyarakat di Madura. Pada Minggu pagi (19/3) Anies akan mengikuti acara ‘’Festival Menanam Kebaikan Menjemput Perubahan’’ yang berisi festival permainan tradisional khas Jawa Timur. Sebelum tengah hari Anies akan terbang kembali ke Jakarta.

Untuk mempersiapkan penyambutan kehadiran Anies, DPW Jarnas ABW Jatim mengadakan rapat koordinasi di Resto DK26 Jalan Darmo Kali 26 Surabaya, Sabtu (4/3). Rapat koordinasi itu langsung dipimpin oleh Ketua DPW Jarnas ABW Jatim, Dr. Dhimam Abror Djuraid, dihadiri oleh semua pengurus harian dan koordinator wilayah seluruh Jawa Timur.

Unsur wakil ketua yang hadir adalah H. Misbah HS (Organisasi), Ina Mubarok (Jaringan Perempuan), Joni Iwansyah (Hukum dan HAM), Priyo Catur Widoyono (Hubungan Kelembagaan), Mohammad Hamdi (Milenial dan IT), Enny Puri Rahayu (Seni dan Budaya), Faisol Taselan (Komunikasi Publik), dan Zainul Muttaqin (Umum dan Logistik).

Hadir juga Wakil Sekretaris Guruh Hanafiah dan Moch. Ali Imam, S.H. Juga Bendahara Umum B. Utomo dan Wakil Bendahara, Silvia UB. Dari koordinator wilayah hadir A. Ribhan (Eks Karesidenan Bojonegoro), Jakfar Faruk (Eks Karesidenan Madura), Imam Muhson dan Din Misbahudin (Eks Karesidenan Kediri), Udin Sarudin (Gerbang Kertasusila), Umar Faruk (Eks Karesidenan Besuki), Syafi Zamzam, Moch. Walid, Dandung (Blitar), drg. Ratna Handayani, Edy Sukirno, dan Adi Utomo (Tuban), A. Mahmudi (Nganjuk), Heru Jihadi (Sidoarjo), Gus Shofie, Nyai Ida Shofie, Yusman Mulyono, Tri Karyono, Ahmad Murry (Surabaya).

Untuk menyambut kehadiran Anies Baswedan semua pengurus daerah akan mengirimkan relawan. DPD Tuban akan mengirim 2 bus dan beberapa mobil. ‘’Kami siap menyambut kehadiran Pak Anies Baswedan. Kami sudah lama menunggu kesempatan ini,’’ kata Ketua DPD Jarnas ABW Tuban, drg. Ratna Handayani.

Wakil Ketua Bidang Organisasi H. Misbah HS mengatakan bahwa penyambutan kehadiran Anies Baswedan akan dikoordinasikan dengan DPW Partai Nasdem Jawa Timur. ‘’Kami sudah mengikuti rapat koordinasi rutin dengan DPW Nasdem Jatim,’’ kata Misbah.

Ketua DPD Jarnas ABW Kediri, Imam Muhson mengingatkan agar panitia penyambutan mempersiapkan penyambutan Anies Baswedan secara detail, termasuk masalah keamanan. Sebagai mantan anggota militer yang pernah bertugas mengamankan kehadiran RI I dan RI2 di Jawa Timur, Imam Muhson mengingatkan bahwa potensi gangguan sekecil apa pun harus diantisipasi sejak dini. [mc]