Lokomotif Surya Paloh Akan Diikuti Banyak Parpol

Nusantarakini.com, Jakarta –Panglima Generasi Cinta Negeri (Gentari) Habib Umar Al-Hamid menyampaikan kalau Lokomotif Surya Paloh yang sudah mendeklarasikan Anies Baswedan (ABW) menjadi calon presiden koalisi perubahan akan dirujuk dan diikuti banyak partai politik (parpol), terutama parpol pendatang baru dan bisa juga parpol besar.

“Partai Demokrat sudah menyatakan dukungannya terhadap Anies. Para petinggi parpol di daerah dengan basis pendukung yang kuat juga sudah menyatakan dukungan terhadap Anies,” ujar Habib Umar Al Hamid kepada awak media, Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Menurut Habib, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga sudah menyatakan akan melakukan deklarasi mendukung ABW di Pilpres 2024 nanti.

“Kita tahu konstituen PKS itu pemilih Anies. Jadi sangat logis PKS mendukung Anies di Pilpres 2024,” jelasnya.

Surya Paloh, lanjut Habib, sebagai begawan politik telah membuktikan makna sebuah perubahan yang biasanya capres selalu didominasi oleh keinginan segelintir elite partai, maka langkah yang diambil oleh pendiri Partai NasDem ini mengubahnya dari keinginan elite partai menjadi sebuah agenda demi menjawab keinginan rakyat.

“Ditambah belakangan ini beberapa lembaga survei merilis elektabilitas Anies mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” tegas Habib Umar.

Ketika ditanya soal maju mundurnya pendeklarasian koalisi perubahan dan adanya anggapan kalau koalisi ini akan bubar, Habib Umar menjawab, kalau ada orang yang mengatakan koalisi ini akan bubar itu adalah komentar ngawur dan tidak cerdas.

“Itu bagian dari strategi politik. Hanya orang rasional yang bisa membacanya. Jadi sekarang ini banyak orang atau kelompok yang kurang wawasan dan cenderung emosional yang tidak dapat memahami seni berpolitik,” terangnya.

Habib Umar juga mengatakan, kenaikan elektabilitas membuat parpol besar melirik Anies untuk diusung menjadi capres 2024. Hal tersebut wajar.

“Namanya politik itu dinamis, dalam detik-detik terakhir parpol besar bisa saja gabung mendukung Anies di Pilpres 2024,” tuturnya.

Pokoknya, parpol yang mengusung Anies mempunyai dampak efek atau coattail effect. “Parpol yang mengusung Anies pastinya akan berdampak dengan naiknya elektabilitas partai,” pungkasnya. [rey/mc]

Sumber: zonasatunews.com