Nasional

Pengolahan Minyak Jelantah Jarnas ABW Balikpapan; Bermanfaat bagi Lingkungan dan Perekonomian


16 January 2023, 2:13
Dilihat   121

NUSANTARAKINI.COM _ Masyarakat di Kota Balikpapan diketahui cenderung cuek terhadap politik. Sekretaris Umum DPD Jarnas ABW Balikpapan, Maghfiroh Widiana mengatakan, dengan tantangan tersebut, sosialisasi Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 di Balikpapan memiliki tidak dilakukan dengan ritme yang terlalu kencang, melainkan pelan-pelan, tapi pasti.

Perempuan yang akrab disapa Umi Pena itu menurutrkan, sehingga, program-program yang disusun oleh Jarnas ABW Balikpapan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Di sini, berbeda dengan Jakarta atau Makassar, yang ikut demo itu ga banyak. Di Balikpapan itu adem pokoknya, cari duit saja,” kata Umi Pena pada Minggu (15/1/2023).

Namun demikian, dia mengungkapkan, justru masyarakat di sana tidak terlalu pragmatis karena lumayan terpelajar.

Saat ini, kegiatan yang paling rutin dilakukan adalah wawancara masyarakat setiap hari Minggu seputar Pilpres 2024 dan juga pengajian bulanan. Namun, rencananya akan lebih diintensifkan lagi ke depannya.

Saat wawancara lewat telepon, ada yang menarik dari Jarnas ABW Balikpapan ini cara menyosialisasikan sosok Anies ke masyarakat, yakni melalui kegiatan pengolahan limbah minyak jelantah.

“Kita beli minyak jelantahnya, jadi mereka bisa dapat penghasilan dari limbahnya, sambil kita sosialisasi juga. Uangnya untuk pergerakan organisasi,” ujarnya.

Ada beragam manfaat yang didapatkan dari mengolah limbah minyak goreng. Antar lain: menghindari pipa dapur tersumbat, melindungi saluran pembuangan lokal, menghasilkan energi terbarukan, mengurangi emisi gas rumah kaca (ERK), menciptakan lapangan pekerjaan, mendukung ekonomi lokal, dan masih banyak lainnya. Ini berarti, apa yang dilakukan oleh Jarnas ABW Balikpapan ini dapat disimpulkan, selain bermanfaat bagi perekonomian, juga cara menjaga lingkungan tetap bersih dari polutan minyak jelantah.

Selain pengolahan minyak jelantah, Umi Pena menuturkan, Jarnas ABW Balikpapan juga menjual merchandise berupa kaos, yang keuntungannya digunakan juga untuk pergerakan.

Dalam waktu dekat, Jarnas ABW Balikpapan juga berencana membuat program bank sampah serta bersih-bersih pantai.

“Tapi, kita mau berkolaborasi dengan simpul lain, jadi ga cuma Jarnas saja. Terus kita juga mengagendakan sudut baca, nanti ada sudut yang tentang Pak Anies juga,” urainya.

Sementara, untuk agenda program sudut baca, rencananya akan dilakukan di taman terbuka.

“Soalnya di sini rumahnya tertutup, kalau misalnya kita door to door itu berat,” tandasnya.

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!