Nasional

Masyarakatnya Cenderung Apolitik, Jarnas ABW Balikpapan Pantang Menyerah


15 January 2023, 23:05
Jarnas ABW Balikpapan bersama Anies Baswedan
Dilihat   162

NUSANTARAKINI.COM _ DPP Jaringan Nasional (Jarnas) ABW Balikpapan terbentuk pada Maret 2022, yang menjadi DPD relawan Anies pertama yang melakukan deklarasi dukungan di wilayah Kalimantan Timur.

Sebagai simpul yang mendukung Anies Baswedan, Jarnas ABW Balikpapan aktif bersosialisasi, baik melalui sosial media maupun secara langsung terjun ke lapangan untuk menemui warga.

Sekretaris Umum DPD Jarnas ABW Balikpapan, Maghfiroh Widiana mengatakan, dengan kultur masyarakat yang heterogen dan tipikal pekerja, membuat upaya sosialisasi Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 di Balikpapan memiliki tantangan sendiri.

“Kultur di Balikpapan ini termasuk yang susah-susah gampang karena warganya cuek dalam hal perpolitikan gitu. Jadi, lumayan berat juga tantangannya,” katanya pada Minggu (15/1/2023)

Namun, perempuan yang akrab disapa Umi Pena ini mengaku, hal itu tidak lantas membuat Jarnas ABW Balikpapan menyerah.

“Untuk sekarang penggalangan relawannya biar pelan, tapi pasti bertumbuh. Biasanya tiap hari Minggu sore, kami ke alun-alun menyosialisasikan Pak Anies ala-ala wawancara lewat TikTok,” tambahnya.

Ada pun pertanyaan yang dilontarkan adalah pengetahuan masyarakat tentang Pilpres 2024 dan juga calon yang didukung.

“Sudah tahu 2024 mau Pilpres? Kebanyakan kalau di Balikpapan jawabannya ga tahu. Kalau 2024 Pilpres, sudah punya calon belum? Itu juga kebanyakan masih belum punya,” lanjutnya.

Jika belum punya calon, Jarnas ABW Balikpapan akan mulai lebih maju dengan mengajukan pertanyaan kenal atau tidak dengan sosok Anies. Bagi yang bilang kenal atau tahu, maka mereka akan ditanya apa yang diketahui tentang Anies.

“Nanti jawaban yang terbaik kita posting di TikTok. Kalau misalnya ga tahu, baru kita sosialisasikan sambil kita bawa tabloid KBA,” ujarnya.

Umi Pena menuturkan, meski begitu, sosialisasi yang dilakukan cenderung soft karena tidak ingin mengganggu masyarakat yang sedang menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-temanya.

“Kalau ke emak-emak paling adain kita pengajian rutin setiap bulan dengan anggota. Alhamdulillah, tiap bulan anggotanya bertambah, paling kita tanya alasan pengen gabung jadi relawan,”

Dia menuturkan, rata-rata jawabannya ingin perubahan.

Selain itu, DPP Jarnas ABW juga memiliki beragam kegiatan, diantaranya bakti sosial, Jumat berkah, pembagian spanduk untuk usaha dengan background Anies Baswedan, pembagian kalender dan stiker Anies Baswedan, dan masih banyak yang lainnya.

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!