Nasional

Bakat Leadership Anies Baswedan Nampak Sejak SMA, Siswa Begundal pun Sanggup Dirangkulnya


8 January 2023, 21:48
Dilihat   167

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Anies Rasyid Baswedan saat di SMA Negeri 2 Yogyakarta dikenal dekat dengan semua civitas sekolah, baik dengan guru dan siswa. Tidak jarang, cucu Pahlawan Nasional AR Baswedan ini berinteraksi dengan murid yang berpredikat nakal.

Danang Hery Pramono, seorang teman Anies Baswedan di SMAN 2 Yogyakarta mengatakan, Anies Baswedan saat di sekolah itu dikenal sebagai sosok yang alim, ora neko-neko (tidak macam-macam). Di sekolah dia menjadi Ketua OSIS.

Hal yang membuatnya kagum dengan Anies Baswedan yakni tetap bisa bergaul dengan siswa nakal. “Anies bisa nyaman berinteraksi dengan siswa nakal termasuk saya yang dulu dikenal bandel dan nakal,” katanya kepada KBA News, Minggu, 8 Januari 2023.

Menurut dia, biasanya kalau siswa alim itu alergi bergabung dengan siswa nakal. Seperti jaga jarak, seperti ada gap antara siswa nakal dan alim.

“Siswa nakal bergaulnya dengan komunitasnya, begitu juga siswa yang alim. Kami datang mereka pergi, intinya tidak mau bergabunglah. Tapi Anies tetap mau nimbrung dengan kita-kita,” ungkapnya.

“Bisa jadi mereka takut terpengaruh menjadi anak nakal. Tapi Anies tidak begitu, tidak takut terpengaruh menjadi nakal. Dia tetap menjadi siswa alim hingga lulus, hingga sekarang,” jelasnya.

Danang mengungkapkan, salah satu kehebatan Anies saat di bangku sekolah yakni bisa merangkul semua orang, baik siswa yang nakal maupun yang alim. “Kalau siswa yang alim bisa diajak itu wajar ya, kalau yang nakal ini yang luar biasa. Dan Anies bisa melakukan itu,” ungkapnya.

Dia masih ingat saat sekolah menggelar acara perpisahan. Sebagai sosok yang punya bakat kepemimpinan, Anies melibatkan siswa-siswa yang saat itu dicap nakal.

“Begundal-begundal siswa di sekolah ikut diajak Anies, semua dilibatkan dan semua juga pada mau itu. Kadang-kadang saya masih berpikir, kenapa kok saat itu pada mau. Wah, Anies ini memang sejak SMA sudah hebat leadership-nya,” jelasnya.

Menurut Danang, hingga saat ini pun Anies tidak melupakan siswa-siswa yang begundal itu. “Sampai sekarang dengan saya ya masih seperti layaknya di SMA dulu. Piye kabare dab, begitulah masih suka humor juga meski sudah menjadi publik figur,” ujarnya. Sumber: Kbanews.com [kba/mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!