Gaya Hidup

Air Terjun Berwarna Kedung Pedut, Idola Baru Wisata Kulon Progo

NusantaraKini.com, Jakarta- Kedungpedut, salah satu wisata air terjun di jogja yang bersembunyi di deretan pegunungan menoreh, lebih tepatnya di kabupaten Kulon progo. yang menjadi unik adalah curug kedung pendut memiliki beberapa warna yang berbeda di setiap kedungnya, ada yang berwarna biru tosca dan ada juga yang airnya berwarna putih jernih.

Untuk menuju ke wisata alam curug kedung pedut bukan perkara mudah, sebelum sampai disana pengunjung harus naik turun gunung melewati jalur diatas perbukitan menoreh  masih ditambah lagi jalan aspal yang di beberapa wilayah masih rusak dan masih dalam kondisi di perbaiki.

Tetapi sepanjang perjalanan dari arah kota jogja menuju ke curug kedung pedut, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah khas kulon progo, seperti hamparan ratusan hektar sawah dengan metode tanam terasering, lalu naik ke pegunungan akan menemui tebing2 tinggi yang indah.

Sebelum sampai di daerah curug kedung pedut, pengunjung akan melewati beberapa destinasi wisata , gunung lanang, lalu goa kiskenda dan goa seplawan. Di pinggir2 jalan  akan banyak menemui papan petunjuk menuju ke wisata-wisata yang baru di rintis oleh warga sekitar.

Perjuangan belum sampai disitu, setelah sampai di parkiran, pengunjung harus berjalan menuju ke tengah hutan sekitar 20 menit, dengan kondisi jalan masih sangat alami dan memang sengaja belum di bangun untuk menjaga keasrian dan kealamian kedung pedut. Tentu nya hal semacam itu akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung.

Tetapi semua akan terbayar lunas ketika pengunjung telah sampai di lokasi kedung pedut. Aliran sungai yang jernih, kedung-kedung yang penuh air  yang sangat jernih. seakan-akan menyambut para pengunjung yang datang. Jika memang membawa bekal baju ganti, tidak ada salahnya mencoba berenang di kedung pedut ini.

Di curug kedung pedut sendiri terdapat beberapa kedung yang berbeda, yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok dan Kedung Anyes. setiap kedung memiliki kedalaman yang berbeda sekitar 2 sampai 5 meter.

Jika diperhatikan di foto, warna biru tosca di kedung pedut nampak seperti hasil editing, tetapi warna biru itu memang benar adanya. dan benar-benar alami tanpa di buat-buat. Warna biru tosca tersebut sebenarnya adalah hasil dari pecahan bebatuan pegunungan menoreh yang terkena paparan sinar matahari, sehingga memantulkan warna biru tosca.

Kedung pedut sendiri sebenarnya msih satu aliran dengan wisata alam yang lain nya, seperti  wisata alam air terjun kembang soka yang memiliki air terjun bertingkat dan tuk mudal atau mata air mudal. Nah mata air mudal inilah yang menjadi sumber air alami bagi air terjun kembang soka dan kedung pedut.(sumber, piknikasik.com). (tj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top