Budaya

Ini Karakter Orang Cina Menurut William Thorn, Prajurit Inggris, Abad Ke -19


27 January 2017, 23:12
Dilihat   3.1K

Nusantarakini.com, Jakarta – Batavia atau Jakarta memiliki  komposisi penduduk yang beragam. Selain Melayu, Jawa, Bugis, Bali, ada Cina.

Pada masa kekuasaan Inggris di Batavia, penduduk Cina melebihi ratusan ribu. Menurut William Thorn, prajurit Inggris yang ikut menaklukkan Jawa, Cina merupakan ras yang sangat rajin dan terampil. Orangnya berwatak tenang.

“Tujuan hidup satu-satunya bagi mereka adalah menghasilkan uang, yang dalam upaya mendapatkannya orang Cina dikenal tak mengenal lelah, dimana bisnis mereka merambah ke hampir setiap sisi kehidupan. Seluruh bisnis eceran di pulau Jawa mereka kuasai.”

“Dalam hubungan mereka dengan orang-orang Eropa, orang Cina tergolong bersikap santun dan beradab, dan sangat cepat memahami, namun mereka ini juga penilu ulung, karena tipu daya sudah jadi pekerjaan mereka.”

“Mereka menikmati peran sebagai pemajak. Terkait peran ini, orang-orang Cina memeras orang-orang Melayu dan Jawa yang miskin yang melahirkan kebencian terhadap mereka.”

“Kekayaannya, baik yang didapatnya secara jujur, atau yang bertumpuk setelah memeras, biasanya akan dikuras kembali darinya, sebelum dia bisa mendapatkan kembali kebebasannya, dan bebas memperbaharui karirnya, yang barangkali juga tetap menipu, walau dilakukannya dengan hati-hati sekalipun.” (sdf)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu