Nasional

Mau Kemana Aksi Massa Islam Pasca Ahok Tersangka?


19 November 2016, 16:00
Dilihat   911

Nusantarakini.com, Jakarta-

Opini selama ini bahwa Ahok akan sedaya upaya dijaga oleh tangan-tangan kekuasaan negara agar tidak dijamah hukum, nyatanya opini itu keliru. Sekarang Ahok telah menjadi tersangka.

Terlepas masih menimbulkan ketidakpuasan di sana sini, tapi bagaimana pun hal itu sudah menjungkirkan opini yang terbangun selama ini. Ahok nyatanya tidak kuat-kuat amat. Dengan desakan yang begitu keras dari gerakan umat Islam, tangan-tangan negara akhirnya tunduk terhadap kekuatan rakyat.

Para pengontrol bisnis dan keuangan yang berdiri di belakang Ahok nyatanya bisa saja ditekan dan dipukul dengan aksi massa. Sekali lagi ini mengonfirmasi betapa aksi massa sangat perkasa dan handal untuk memukul tirani.

Namun setelah Ahok ditersangkakan dan mitos kekuatan kapital dan politik di belakangnya dapat dirontokkan, sekarang timbul pertanyaan: mau kemana setelah Ahok dan kekuatannya dapat dipukul mundur?

Semestinya transformasi gerakan harus lebih maju dan berdampak historis. Kita menyarankan agar para pemimpin dan penggerak aksi massa umat Islam tidak menyia-nyiakan kesempatan, yaitu dengan mendeklarasikan suatu resolusi yang meneguhkan amanat dari aksi massa yang sudah berhasil memukul mundur gerakan politik dan ekonomi konspiratif yang bersembunyi di belakang Ahok.

Adapun isi resolusi tersebut memuat tentang pentingnya afirmasi atas hak dan keistimewaan umat Islam di Indonesia mengingat peran dan kekuatan historisnya, termasuk yang telah dicapai aksi massa Islam 14 Oktober 2016 dan 4 November 2016.

Resolusi itu harus menjadi konvensi yang diletakkan sebagai fatsoen politik dan kebijakan ipoleksosbudhankam. Misalnya dapat diturunkan sebagai alas dan filsafat kebijakan nasional dan lokal. Hal ini penting agar keberhasilan aksi massa dapat dikenang dengan wujud positif. (sed)

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu