Nasional

TIPS & TRIK Buat Anda Yang Akan Berdemo 4 November 2016 Tuntut Ahok, Bela Islam


1 November 2016, 7:21
Dilihat   1.5K

Nusantarakini.com, Jakarta – Buat Anda yang akan ikut berpartisipasi dalam unjuk rasa pada 4 November 2016 nanti, sebaiknya dapat mengikuti tips and trik berikut ini. Terutama bagi Anda yang belum pernah mengikuti demo dengan jumlah massa besar.

1. Pastikan bahwa tujuan demo Anda ketahui dengan baik. Jika belum tahu, ada baiknya Anda cari tahu isu apa yang akan dituntut.

2. Pastikan niat mengikuti demo bukan untuk plesiran, tetapi untuk menyuarakan tuntutan demo.

3. Pastikan bahwa Anda tidak terpisah dengan teman-teman satu kelompok Anda yang bergabung dengan massa.

4. Simpan kontak teman terdekat Anda sesama kelompok pendemo yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu diperlukan.

5. Jangan memisahkan diri dari teman kelompok Anda. Pastikan bahwa batere HP Anda tetap kuat agar tetap hidup supaya dapat dihubungi sewaktu-waktu. Bila perlu, bawalah power bank.

6. Siapkan stamina dan bawalah air minum dan makanan ringan secukupnya agar menambah kebugaran Anda selama mengikuti aksi demo.

7. Kuasai secukupnya peta jalur tempuh atau rute demo. Jika Anda tidak menguasai, ikuti teman yang paham peta jalan. Atau Anda dapat mempelajarinya dari google map atau google earth di internet.

8. Dalam demo 4 November 2016 nanti, rute start dari Mesjid Istiqlal. Kemungkinan bisa langsung menuju Istana Negara yang jaraknya sekitar lebih kurang setengah kilometer. Atau bisa juga seperti rute sebelumnya, dari Istiqlal, lapangan banteng, pejambon, KKP, Balaikota dan kemudian diakhiri di istana negara.

9. Untuk antisipasi, jika terjadi kekacauan, bersikap tenanglah. Ikuti perintah dan panduan dari pemimpin aksi di mobil komando. Bersamalah dengan teman dekat Anda. Ambillah posisi tidak di tengah massa, di bagian terdepan atau terbelakang. Usahakan berada di bagian samping yang mudah untuk menyelamatkan diri.

10. Bawalah alat kamera baik ponsel atau kamera untuk mengabadikan momen dan peristiwa demo yang berlangsung. Rekam dengan kamera Anda terhadap objek yang dipandang penting, seperti pergerakan massa, polisi dan tentara serta pimpinan aksi demo.

11. Jika setelah selesai, kembali bergabung dengan teman-teman Anda untuk kegiatan selanjutnya.

12. Berdoalah sebelum dan sesudah demonstrasi.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu