Budaya

Kekuasaan Majapahit Ternyata Tak Seluas Nusantara, Ini Buktinya?


17 October 2016, 13:23
Dilihat   891

NusantaraKini.com –Mendengar nama majapahit, apa yang yang terbersit di benak anda? boleh jadi salah satunya adalah wilayah kekuasaan, selama ini masyarakat Indonesia pada umumnya memahami kekuasaan majapahit seluas dengan nusantara, bahkan sampai ke Campa dan Thailand. Anggapan tersebut dibantah oleh seorang ahli arkeologi, Hasan Djafar, menurutnya tidak ada data valid yang bisa membuktikan hal tersebut.

Lebih jauh Hasan menegaskan, daerah yang bisa disebut sebagai kekuasaan murni Majapahit hanyalah Pulau Jawa, itupun terbatas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Nusantara merupakan koalisi antara kerajaan-kerajaan yang turut bekerja untuk kepentingan bersama demi keamanan dan perdagangan regional. Mereka berkoalisi sebagai “mitra satata” sahabat atau mitra dalam kedudukan yang sama.

“Sayang sekali banyak ahli sejarah menafsirkan bahwa nusantara itulah wilayah Majapahit, makna nusa adalah pulau-pulau atau daerah, sedangkan antara adalah yang lain, jadi nusantara pada masa majapahit diartikan sebagai daerah-daerah yang lain, karena kenyataannya memang di luar wilayah majapahit” jelas Hasan.

Pendapat yang mengatakan bahwa kerajaan-kerajaan di Nusantara memberikan Upeti kepada Majapahit, bahwa mereka tunduk kepada Majapahit, juga patut dipertanyakan, didalam kitab Negarakretagama tidak ada yang menyatakan adanya upeti tersebut

Menurut Kitab Negarakretagama, pada waktu itu Majapahit memang sering mengadakan pesta yang mengundang kerajaan-kerajaan dan wakil Kerajaan di Nusantara, Otomatis Kerajaan pasti akan membawa hadiah bagi Raja Majapahit, Namun itu hanya sebagai simbol kado bukan upeti.

Pendapat Hasan Djafar bukan berarti tak mendapat bantahan, pihak yang tidak sepakat dengan pandangan Hasan menuding Hasan salah dalam memahami mitra satata, Berdasarkan Kakawin Negarakertagama, yang merupakan negeri-negeri Mitra Satata Majapahit adalah negeri-negeri asing yang berada di luar Indonesia sekarang. Zaman Majapahit, negeri-negeri yang termasuk sebagai mitra satata Majapahit adalah negeri-negeri yang berada di luar zona wilayah nusantara kekuasaan Majapahit.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu