Nasional

Warga Tionghoa Mangga Besar: Punya SHM, Rutin Bayar Pajak Tiap Tahun….EEhh, Mau Digusur Juga


23 August 2016, 13:02
Dilihat   3.0K

Nusantarakini.com, Jakarta-

Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) akan melakukan penggusuran lagi. Kali ini korbannya adalah warga RW 02 Mangga Besar, Tamansari. Hal ini menimbulkan keresahan warga lantaran tanah yang telah ditempatinya selama 80 tahun sejak 1928 akan digusur oleh Pemkot Jakbar.

Puncak keresahan warga terjadi setelah mereka menerima Surat Peringatan (SP) ketiga dari Pemkot pada 18 Agustus 2016 untuk segera mengosongkan atau membongkar rumahnya; terutama yang terdapat di RT 05, 07, dan 09 RW 02.

Ming Ming (45), salah satu warga, mengatakan SP-3 itu diberikan pada Jumat 19 Agustus malam. “Masak Satpol PP bagiin surat peringatan malam-malam,” katanya seperti yang dikutip Okezone.com, di Mangga Besar, Jakarta Barat, Senin (22/8/2016).

Disebutkan dalam surat tersebut, warga diberi waktu 3×24 jam untuk membongkar dan mengosongkan rumahnya sendiri. Sebelumnya pada 21 Juli 2016, Pemkot Jakarta Barat sudah melayangkan SP-1 kepada warga, dan SP-2 pada 3 Agustus 2016. “Ini SP-3. Kita harus mengosongkan rumah kita, kalau tidak akan dibongkar paksa oleh Pemkot,” ungkap Ming Ming.

Pemkot Jakbar meminta warga untuk mengosongkan rumah mereka sendiri karena sertifikat hak milik (SHM) tanah tersebut diketahui atas nama Deepak Rupo Chugani, Dilip Rupo Chugani, dan Melissa Anggryanto. Mereka memiliki tanah tersebut berdasarkan lelang yang dilakukan Gunarto Kerta Djaja pada 2015. Gunarto adalah orang yang disebut-sebut telah membeli tanah terebut pada 1969, namun baru mengurus sertifikat tanah tahun 2003. “Kita saja enggak tahu Gunarto Kerta Djaja itu siapa. Tiba-tiba kita digusur, katanya ini tanah lelang,” ujar Ming Ming.

Karena warga telah menempati tanah tersebut sejak 1928, mereka lantas menolak penggusuran. Menurut mereka tanah yang sudah ditempati selama 80 tahun rutin dibayar PBB-nya setiap tahun. “Kita kan bayar pajak tiap tahun. Jadi, negara tahu dong kita rumah di sini,” pungkasnya seperti dikutip Okezone.com. (*mc)

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu