Nasional

Peduli Kemanusiaan, Jarnas ABW Balikpapan Turun Aksi Sosial untuk Palestina

Nusantarakini.com, Balikpapan – 

Jaringan Relawan Nasional Anies Baswedan (Jarnas ABW) Balikpapan ikut berpartisipasi dalam kegiatan “Aksi Do’a Akbar untuk Palestina” yang dimotori oleh Yayasan Darul Itqan Balikpapan.

Sekretaris Umum DPD Jarnas ABW Balikpapan, Maghfiroh Widiana menyampaikan, Jarnas ABW Balikpapan merasa turut terpanggil untuk mengikuti “Aksi Do’a Akbar untuk Palestina” karena ini merupakan kegiatan kemanusiaan dan sejalan dengan cita-cita Pasangan AMIN yang menginginkan segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan.

“Pasangan AMIN juga mendukung segala bentuk aksi membela dan mendukung kemerdekaan untuk Palestina,” kata Widia kepada Nusantarakini.com, Balikpapan, Jumat malam, (20/10/2023).

Para peserta aksi kemanusiaan untuk Palestina dari berbagai ormas yang ada di Balikpapan turut hadir dalam agenda “Aksi Do’a Akbar untuk Palestina.” (Foto: Istimewa) 

Aktivis yang giat di bidang lingkungan, sosial, dan pendidikan ini menyampaikan, bahwa kegiatan berjalan dengan sangat khidmat dan lancar yang diawali dengan konvoi iring-iringan kendaraan dari titik kumpul menuju Masjid Attaqwa Klandasan, Balikpapan. Sesampainya di depan masjid, kemudian para peserta aksi melakukan orasi sampai menjelang sholat jumat.

“Selesai Jumat bersama, agenda dilanjutkan dengan penggalangan dana lalu dilanjutkan kembali orasi dan pembacaan puisi dari perwakilan ketua-ketua Ormas yang ada di Kota Balikpapan,” terang Widia.

“Aksi ditutup dengan doa Akbar yang dipimpin langsung oleh Syekh dari Palestina,” imbuhnya.

Wanita yang juga berprofesi sebagai pengajar freelance Bahasa Inggris ini juga menjelaskan bahwa dana yang dihimpun dari aksi, langsung dikirimkan ke Palestina.

“Sebab Ketua Yayasan Darul Itqan merupakan orang Palestina asli yang memiliki channel langsung menuju perjuangan Palestina,” tutur Widia.

“Sembilan orang dari keluarga beliau telah gugur di medan juang Gaza, dan syahid pada serangan Israel pekan lalu,” imbuhnya.

Jarnas ABW Balikpapan yakin, dengan mengikuti aksi kegiatan ini menunjukkan bahwa relawan Anies Baswedan tidak hanya peduli kepada perpolitikan saja tapi juga peduli dengan kemanusiaan.

“Kita berbaur dan bersosialisasi dengan masyarakat, kita tunjukkan bahwa relawan Anies peduli pada Palestina. Derita Palestina adalah derita kita bersama,” ucap Widya.

Selain Jarnas ABW, lanjut dia, ormas yang terlibat dalam aksi tersebut kebanyakan ormas lokal, antara lain: Pasak Bakudapati, POAK, GEPAK, Laskar Pangeran Antasari, Laskar Elang Borneo, BALADIKA, Tameng Adat Borneo, Brigade Muslim Baladika dan BAPASAK.

“Alhamdulillah pada kesempatan terlibat dalam aksi kemanusiaan tersebut, banyak ormas lokal di Balikpapan khususnya lebih mengenal tentang Pasangan AMIN. Dan mulai tertarik untuk lebih mengenal lebih dalam. Dan tadi juga ada lima orang yang sukarela bergabung ke Jarnas ABW sebagai relawan,” pungkas Widia dengan sukacita. [mc]

Terpopuler

To Top