Terus Bergerak! Pasca Idul Fitri, Jarnas Sanak ABW Bengkulu Akan Mulai Pendampingan Budidaya Lele dan Ternak Sapi

NUSANTARAKINI.COM _ Jaringan Nasional (Jarnas) Sanak ABW Bengkulu berkunjung ke Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin (13/3/2023). Mereka menyatakan, kesiapan untuk melakukan pendampingan budidaya lele dan ternak sapi.

Selanjutnya, mereka berkonsolidasi dengan tim DPD Jarnas Sanak ABW Kabupaten Mukomuko

Epita Darnela, Ketua DPW Jarnas ABW Sanak Bengkulu menyampaikan, dalam pertemuan itu, mereka akan membantu pendampingan terutama anggota DPD Jarnas Sanak ABW Kabupaten Mukomuko yang memiliki basic di pertanian.

“Rencananya, Ketua DPD Kabupaten Bengkulu Selatan akan kami kirim ke Kabupaten Mukomuko untuk pendampingan awal. Kami juga membahas program kerja di Kabupaten Mukomuko,” kata Epita pada Rabu (15/3/2023).

Diperkirakan, program pendampingan budidaya lele dan ternak sapi itu akan direalisasikan setelah Lebaran Idul Fitri.

“Untuk ternak sapi untuk penggemukan, kami olah kotorannya untuk menjadi pupuk organik karena Bengkulu ini banyak sekali lahan pertanian. Jadi, sekalian memanfaatkan limbah untuk kembali diolah,” tambahnya.

Epita menuturkan, PR DPD Jarnas ABW Sanak Kabupaten Mukomuko ialah belum measuk ke daerah trans.

“Strategi sudah kami bahas dan bicarakan dengan tim DPD dan akan segera diaplikasikan dan terus dievaluasi ke depannya,” tuturnya.

Sementara, DPD Jarnas Sanak ABW Bengkulu Utara juga akan mengembangkan pendampingan ke desa-desa, mulai dari edukasi soal ketahanan pangan, pemilihan sarana prasarana yang baik hingga jenis komoditasnya.

“Target awalnya di dua kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara. Kami juga akan menjaring beberapa anggota Jarnas Sanak ABW Bengkulu yang mau maju menjadi caleg (calon legislatif) untuk Dapil (Daerah Pemilihan) Bengkulu Utara dan datanya sudah kami langsung berikan ke ke ketua partai pengusung bang Anies Baswedan,” lanjut Epita.