Sepakat, Rakor Simpul Relawan Anies dan Partai Pengusung di Lamongan akan Lakukan Agenda Ini

Nusantarakini.com, Lamongan –Rapat koordinasi (rakor) simpul-simpul Relawan Anies Baswedan (ABW) dengan partai pengusung yang dipandu Dewan Pimpinan Wilayah Jaringan Nasional Anies Baswedan Jawa Timur (DPW Jarnas ABW Jatim) telah berlangsung cukup sukses di Lamongan.

Rakor yang diselenggarakan Sabtu pagi (11/2/2023) dihadiri oleh DPD Jarnas ABW Lamongan, DPD AP24 Lamongan, DPD RAP24 Lamongan, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sementara perwakilan dari Partai Demokrat dan Partai Nasdem berhalangan hadir, karena bersamaan dengan agenda kegiatan internal mereka.

Ketua DPW Jarnas ABW Jatim, Ahmad Ribhan, S.Ag, yang didapuk sebagai pemandu rakor menyampaikan, bahwa pertemuan mengutaman diskusi bersama untuk menyamakan langkah dan persepsi untuk bersama memenangkan ABW dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

“Meeting dan diskusi berlangsung akrab dan penuh kehangatan, ada unsur evaluasi dengan semangat mendapatkan solusi, demi satu tujuan memenangkan Mas Anies di Pilpres 2024 mendatang,” ucap Ribhan kepada Nusantarakini.com, Lamongan, Sabtu petang (11/2/2023).

Ribhan mengungkapkan, ada dua agenda pembahasan dalam rakor tadi; pertama, pembentukan organ forum komunikasi (Forkom) antar simpul- simpul relawan ABW. Kedua, saling tukar informasi terkini tentang perkembangan gerakan parpol pengusung ABW.

Terkait rekomndasi yang dihasilkan rakor, Ribhan menjelaskan, yaitu forkom antar simpul-simpul relawan ABW disepakati dan dinyatakan sah terbentuk dan beroperasi, dimulai dari pembentukan tim kecil dengan keanggotaan wakil masing-masing simpul relawan ABW.

“PKS terbuka untuk bekerja sama dengan simpul-simpul relawan ABW yang memang kerjasama ini merupakan kebutuhan mutlak utk pemenangan Anies RI-1. Pengalaman-pengalaman PKS dibuka sekedar jadi contoh pembelajaran tentang bagaimana partai bekerja dan apa saja yang dapat dikerjasamakan antara relawan dan parpol,” sambungnya.

Selanjutnya, kata dia, model komunikasi ini akan diperluas dengan parpol lain yang tergabung dalam koalisi perubahan. Bahkan semangat ini akan diperluas ke parpol-parpol lain seluas-luasnya.

“Poin berikutnya adalah kami sepakat bersama untuk menyiapkan diri dalam menyambut kunjungan mas Anies ke Jatim sewaktu-waktu dengan kemeriahan yang layak, dengan keyakinan dan usaha maksimal, memenangkan Anies dalam pemilu yang akan datang,” pungkas Ribhan.

Ketua DPD Jarnas ABW Lamongan, Muhammad Taufik, saat dihubungi Nusantarakini.com, turut mengamini. Menurutnya, dengan bergabungnya simpul relawan ABW dan partai pengusung, menandakan sudah dimulainya mengencangkan mesin pemenangan ABW khususnya di Lamongan.

Taufik juga menyampaikan beberapa poin program yang akan segera dikerjakan oleh Jarnas ABW Lamongan. Antara lain adalah persiapan menyambut kedatangan Sang Capres, ABW, di Jawa Timur (Malang dan Surabaya).

“Kami bersama-sama teman Relawan Anies Baswedan siap menyambut dan menggeruduk kedatangan Mas Anies nanti saat tiba di Jatim, khususnya di Surabaya nanti,” ucapnya.

Sedangkan program Jarnas ABW Lamongan yang akan dilakukan adalah memperbanyak jumlah pemilih ABW dalam Pilpres 2024 mendatang dengan cara melakukan sosialisasi yang melibatkan banyak massa.

“Supaya efektif menyosialisasikan Mas Anies yang melibatkan banyak massa, kami semua akan melakukan kegiatan sosial, seperti pengobatan gratis, kerja bhakti, jalan sehat, mancing bersama, serta salon gratis. Jadi masyarakat tinggal bawa kaos sendiri nanti kami sablon gambar Mas Anies,” jelas Taufik.

Taufik juga menekankan supaya Relawan Anies jangan sampai ada friksi, sehingga harus senantiasa bersatu padu untuk sama-sama memenangkan ABW dalam Pilpres 2024 mendatang.

Sekretaris DPD PKS Lamongan, Hendri Ikhfadhi, saat dihubungi Nusantarakini.com juga membenarkan adanya komitmen dan kesepakatan bersama dalam rakor tadi.

“Tadi kami sepakat bahwa pemilu 2024 adalah momen melakukan perubahan dan harus dimenangkan,” ucap Hendri.

“Bagi PKS, kemenangan Anis Rasyid Baswedan adalah kemenangan Indonesia,” lanjutnya.

Hendri juga menyampaikan, karena baru pertemuan perdana dan masih dalam tahap perkenalan dalam Forkom dan ingin menyatukan langkah dan mindset, maka ke depan kita harus harus menyamakan langkah yang teratur dengan cara koordinasi yang baik.

“Karena baru tahap awal, langkah kita harus teratur dan koordinasi terus. Termasuk juga koordinasi dengan masyarakat secara horisontal. Karena dalam memenangkan Pak Anies ini kita memiliki mesin partai, mesin relawan, dan Tokoh Masyarakat (vote getter), maka sebaiknya terus bergerak ke bawah untuk membentuk relawan sampai ke tingkat desa. Demikian juga halnya dengan parpol yang harus berjejaring sampai tingkat ranting. Kita akan terus menjalin koordinasi untuk memenangkan capres kita,” beber Hendri mengakhiri keterangannya.

Sementara, Ketua DPD Anies Pemimpin 2024 (AP24) Kabupaten Lamongan, Mohammad Shoheh, selaku tuan rumah dan pemrakarsa rakor ini membenarkan tentang kesepakatan-kesepakatan yang sudah tercapai.

“Kami sudah sepakat untuk bersatu padu dalam memenangkan Pak Anies dalam Pilpres 2024 mendatang. Pertemuan antar simpul Relawan Anies Baswedan dan Partai pengusung awalnya dimaksudkan untuk mewujudkan kebersamaan, menyatukan misi dan tujuan bersama dalam memenangkan Pak Anies khususnya di Lamongan,” jelas Shoheh.

“Selain menyambut kedatangan Capres kita di Jatim nanti, ke depan kita juga akan sama-sama berkolaborasi untuk mengadakan even besar dalam menyosialisasikan Pak Anies. Seperti mengadakan sunatan massal, kerja bhakti, pengobatan gratis maupun jalan bersama,” pungkas Pengurus DPW AP24 Jatim Bidang Media. [mc]