Nasional

Beri Pelatihan, Jarnas ABW Kalsel Berharap Acil Jukung Transfer Pengetahuan ke Pedagang Lain


18 January 2023, 13:31
Dilihat   152

NUSANTARAKINI.COM _ Jaringan Nasional (Jarnas) ABW Kalimantan Selatan baru saja menggelar acara pelatihan bagi pedagang Pasar Terapung Lok Baintan, yang tergabung dalam Jarnas Acil Jukung pada Senin (16/1/2023). Dalam kegiatan tersebut, relawan dilatih membuat parcel buah.

Sekretaris Jarnas ABW Kalsel, Hj Nana Maryam Agustina mengatakan, acara pelatihan kemarin merupakan pembukaan yang difasilitasi oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

“Kemarin, kita pakai dua mobil untuk membawa mereka ke kota, sekalian healing. Mereka senang sekali,” kata Nana pada Rabu (18/1/2023).

Nana menuturkan, pelatihan ini dimaksudkan agar tampilan buah menjadi lebih menarik, sehingga harga yang ditawarkan pun sedikit dinaikkan. Sebelumnya, pedagang menggunakan plastik saat berjualan. Tentu, dengan begitu, wisatawan dari luar kota akan kesulitan membawanya untuk dijadikan oleh-oleh.

“Kita juga ajari etika berdagang, selama ini kan rebutan wisatawan. Biar lebih tertib,” lanjutnya.

Acara yang berlangsung dari pkl 14.00-17.00 WITA tersebut juga melatih relawan belajar menganyam agar bisa memanfaatkan beragam tanaman yang ada di sekitarnya, seperti pohon kelapa, rumput yang dikeringkan, dan pohon pisang karena menurut Nana, jika beli keranjang parcel, biayanya akan mahal.

Selain itu, Nana menuturkan, saat ada wisatawan, relawan bisa memberikan informasi tentang manfaat buah lokal yang dijajakan, seperti buah mentega, rambai, pisang mahuli, dan lain-lain. Sehingga, diharapkan, selain berwisata, wisatawan bisa mendapatkan wawasan.

Selanjutnya, akan ada pelatihan lain untuk meng-upgrade kemampuan para pedagang, yakni Bahasa Inggris.

“Karena kan hanya satu orang saja yang pintar Bahasa Inggris, kami mengharapkannya bisa merata. Paling ga, sedikit-sedikit bisa conversation,” lanjutnya.

Dalam agenda tersebut, kegiatannya akan dilaksanakan di rumah relawan Acil Jukung secara bergantian.

“Nanti kita datang ke sana. Jadwalnya sore sambil kita sosialisasi,” ujarnya.

Nana berharap, dari peserta yang berjumlah 25 orang tersebut, bisa mentransfer ilmunya kepada pedagang lainnya di Pasar Terapung Lok Baintan.

“Jumlah pedagang di sana itu ratusan, jadi 25 orang ini karena mereka pengurus Jarnas, mudah-mudahan bisa transfer knowledge. Targetnya, satu orang dapat melatih 10 orang,” tandasnya.

 

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!