Nasional

Refly Harun Bandingkan Relawan Anies dengan Relawan Ganjar: Sukarela vs Amplop?


24 December 2022, 0:21
Dilihat   210

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun membandingkan relawan Anies Baswedan dengan relawan Ganjar Pranowo. Menurutnya, relawan mantan Gubernur DKI Jakarta itu lebih ikhlas bergerak tanpa adanya iming-iming ketimbang relawan Gubernur Jawa Tengah.

“Sama seperti (disampaikan) Rocky Gerung, kalau orang ke Anies datang dengan sukarela tapi ke Ganjar berpikir karena amplopnya atau sembakonya dan lain sebagainya,” tutur Refly dalam kanal Youtubenya pada Kamis (22/12/2022).

Refly menilai, fenomena seperti ini tak akan baik terhadap semangat para relawan. Karena mereka hanya akan bekerja kalau diberikan sesuatu.

Meski begitu, hal seperti itu tetap ada dalam relawan Anies walaupun jumlahnya cenderung lebih kecil. “Apakah tidak ada hal seperti itu di Anies Baswedan? Ada, tapi tidak instan di sini. Jadi, tidak di depan bahwa orang mau datang deklarasi Anies, perkumpulan Anies atau rapat massa Anies karena dia dibayar tetapi karena memang dia bersemangat, bersukarela,” ujar Refly.

“Sementara kalau dari Ganjar bagian dari kekuasaan istana hari ini. Sehingga kalau bergerak ketika tidak ada biayanya maka enggak bisa bergerak,” ucap Refly. Demikian seperti dikutip dari Populis.id. [rdi/mc]

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!