Nasional

Akun @R_min80 Sebar Screenshoot Foto Anies di Pangkep, Netizen: Fitnah!


24 December 2022, 21:08
Foto Anies Baswedan di Pangkep, Sulawesi Selalan. Foto: Twitter/Anies Rasyid Baswedan
Dilihat   186

NUSANTARAKINI.COM _ Foto Anies Baswedan di Pangkep, Sulawesi Selatan pada 11 Desember 2022 kembali ramai diperbincangkan setelah akun Twitter @R_min80 menuduh, Anies Baswedan berbohong.

Akun tersebut menyebarkan screenshoot akun Twitter Anies yang menyebut, puluhan ribu masyarakat sudah memenuhi lapangan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkep sejak selepas Subuh. Namun, faktanya, foto itu adalah murni editan.

“Kalau buzernya yang bohong bisa dimaklumi, tapi ini akun @aniesbaswedan sendiri yg bohong. Katanya ini kemeriahan di kota Pangkep padahal ini kerumunan rakyat Argentina menyambut kemenangan timnasnya di world cup 2022 Qatar. Lalu layakkah pembohong dijadikan pemimpin?” tulis akun tersebut.

https://twitter.com/R_min80/status/1606210671900643328?t=6rJPdmolNuwXALBPmXytqQ&s=19

Per Sabtu, (24/12/2022) pkl 20.47 WIB, cuitan itu mendapatkan puluhan ribu tayangan, 11 Retweet, 119 tweet kutipan, dan 823 suka.

Banyak netizen yang justru menuding, akun tersebut memfitnah Anies dengan mengedit foto yang disebarkan.

Seperti akun @tepig_pignite: “Boss, itu bukan twit asli Anies. Gw bukan pendukung Anies, tp gw gak setuju cara2 edit untuk fitnah. Mana ngeditnya jorok pula. Ini aslinya”.

https://twitter.com/tepig_pignite/status/1606303809613041664?t=L0gH0jgvKCUK5hm8qF2SXA&s=19

Sementara, akun @budiarto_bangun mengungkapkan, “Maaf.. Seperti nya anda juga gampang menyebarkan berita yg tidak benar demi memancing reaksi pengikut anda, dalam hal ini saya hanya bersikap sesuai akal sehat. Terlihat foto dari SS dari twett ARB sudah di edit. Perhatikan gambar tepian foto ada ketidak sesuaian. Terima kasih.”

Ada juga pendukung Ganjar Pranowo yang berpendapat twitt tersebut hoax dan menolak cara seperti itu.

@Rio_TaNu: gue pendukung GP tpi gak suka berita hoax macam ini, bersaing secara sehat, garis takdir sudah ditentukan tidak usah cemas.”

Namun demikian, akun @Ranggakaladze86 menyebut, akun tersebut beruntung karena memfitnah Anies karena Anies diyakini tidak akan melaporkannya dengan pasal UU ITE.

“Beruntung nye loe, yang loe fitnah anies baswedan jd perasaan loe tenang ga takut kena pasal UU ITE, ga ada yg laporin loe. Coba klu yang di fitnah jokowi poto ny di edit dalam waktu 1×24 jam husen, muannas dan cecunguk lain nya lsg gercep buat laporan.” komentar akun itu.

 

 

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!