Warkop-98

Mr. Kan: Dalam Politik Ada Rahasia di Belakang Rahasia. Ini Ulasannya

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Salah satu lagu top tentang cinta, berjudul “the power of love.” Kekuatan mencintai dalam Bahasa Mandarin “Ai De Lik Liang.”

Sedangkan tentang bisnis dan ekonomi selain modal kepercayaan , salah satu faktor pendukung yang paling penting adalah “the power of money,” faktor kekuatan uang.

Ada dua hal yang paling gila tentang politik, yang satunya sama seperti faktor pendukungnya bisnis yaitu “the power of dollar.” Dan ada satu lagi yang lebih gila yaitu, “kekuatan memiliki dan menyimpan rahasia busuk sesama bus transpolitik,” the power to own and keep the secret of fellow bus transpolitic.

Ingat, di dalam politik itu jelas sekali adanya “rahasia di belakang rahasia,” secret behind the secret.

Solusi terbaik agar ke depannya bangsa dan negara menjadi maju dan makmur yaitu kita harus bersama-sama terus mendorong, menciptakan serta menghidupkan jiwa kepahlawanan atau “the hero” yang memiliki kepastian berprinsip politik dengan sepenuh hati. Yang sifat dasarnya adalah hanya satu tujuan, tidak lain adalah kesadaran membangun bangsa dan negara.

Dimana kita ketahui saat ini banyak sekali aktor politik busuk yang tidak lagi memiliki kesadaran membangun bangsa dan negara, atau saya katakan yang masih memiliki kesadaran itu sudah hampir punah.

Untuk itu ke depannya harus kita perbaiki cara berpikir di dalam kehidupan bangsa dan negara, terutama dalam kehidupan menjalankan politik.

Harus kita ciptakan segala sistem yang sifat pokoknya bisa membangun bangsa dan negara menjadi maju dan makmur, bukan yang sifatnya berpura-pura.

Namun tujuan akhirnya adalah mencari keuntungan seperti mencari kesempatan untuk melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Ini sudah harus segera dihilangkan.

Jadi sekali lagi perlu kita bangun cara berpolitik yang sifatnya membangun bangsa dan negara, bukan yang sifatnya mencari kekayaan harta di dunia ini.

Maaf, jika kita kurang bisa memahami dan mengetahui fakta, situasi dan kondisi yang ada di dalamnya, maka kita akan mengatakan “kadang terlihat asli namun palsu.” Sebaliknya kadang terlihat palsu namun asli. Juga kadang terlihat kosong namun ada isi. Sebaliknya lagi, kadang terlihat isi namun kosong.

Bagi kita yang kurang memahami dan mengetahui akan serasa sangat membingungkan sekali, sehingga terkadang kita akan mengatakan, “bingung sekali mana yang benar dan mana yang tidak, sudah sulit dibedakan.” Kira-kira itulah rahasianya politik.

*Kan Hiung alias Mr. Kan, Pengamat Politik dan Hukum.

Terpopuler

To Top