Gaya Hidup

Zidane Brilliant, Madrid Kembali Juara Liga Champions

NusantaraKini.com,-

Real Madrid akhirnya berhasil mempertahankan gelar juara Liga champions, setelah di final mengalahkan Juventus dengan skor 4-1, Minggu Dini Hari (3/5/2017)

Data dari UEFA, Real Madrid menguasai 54 persen bola berbanding 46 persen milik Juventus. Juventus menciptakan 11 peluang yang empat di antaranya tepat sasaran. Adapun Real Madrid mencatat lima tembakan tepat dari 18 percobaan.

Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Gianluigi Buffon pada menit ke-20 dan ke-64.

Dua gol pasukan Zidane lainnya dicetak oleh Casemiro (61′) dan Marco Asensio (90′). Adapun gol satu satunya Juventus dicetak Mario Mandzukic (27′).

Real Madrid pun membukukukan rekor menjadi klub pertama yang berhasil menjadi juara beruntun pada era Lifga champions. Secara keseluruhan, El Real telah mengoleksi 12 trofi ini

Laga ini berlangsung cukup keras lantaran wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning dan satu kartu merah.

Cristiano Ronaldo membawa Real Madrid unggul terlebih dahulu pada menit ke-20. Menerima umpan Dani Carvajal, tendangan Ronaldo mengarah ke pojok kanan gawang Gianluigi Buffon.

Ronaldo pun menjadi pemain pertama yang bisa mencetak tiga gol pada partai final kompetisi antarklub terelite Eropa sejak berubah format menjadi Liga Champions.

Juventus sebetulnya tampil mendominasi dan punya lebih banyak peluang baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-27 melalui Mario Mandzukic.

Memasuki babak kedua, Pasukan Zidane mulai menemukan kelemahan Juventus. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menguasai pertandingan.

Menit ke 61 tercipta Gol untuk Madrid. Casemiro melepaskan tendangan jarak jauh yang gagal dihentikan Buffon. Bola lebih dulu mengenai kaki Sami Khedira yang membuat Buffon gelagapan.

Gol tersebut memotivasi para pemain Real Madrid. Sedangkan Juve Juventus malah kesulitan mengembangkan permainan pada babak kedua laga tersebut.

Tiga menit setelah gol Casemiro, Real Madrid kembali mencetak gol ke gawang Juventus. Umpan silang Luka Modric ddilanjutkan CR7 dari jarak dekat. Buffon gagal mengantisipasi tembakan itu yang mengoyak jalanya.

Tertinggal 1-3, Juve menggnati pemain. Mulai menit ke-66, Juan Cuadrado masih menggantikan Andrea Barzagli dan Claudio Marchisio serta Mario Lemina juga tampil.

Namun, Cuadrado justru malah keluar lapangan menit ke-84 karena menerima dua kartu kuning. Kartu kuning pertama diterima pada menit ke-72, dan yang kedua didapat karena melanggar Sergio Ramos.

Dengan demikian Zidane kembali mengukuhkan sebagai pemain dan pelatih tersukses di dunia, yaitu menjuarai Liga Seri-A dan La Liga saat jadi pemain, dan membawa pasukannya menjadi juara La Liga dan dua kali juara Liga Champions pada saat usianya baru menginjak 45 tahun..

Susunan pemain

Real Madrid: 1-Keylor Navas; 2-Dani Carvajal, 5-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo; 19-Luka Modric, 14-Casemiro, 8-Toni Kroos (21-Alvaro Morata 89); 22-Isco (20-Marco Asensio 82), 9-Karim Benzema (11-Gareth Bale 77), 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Zinedine Zidane

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli (7-Juan Cuadrado 66), 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 23-Dani Alves, 6-Sami Khedira, 5-Miralem Pjanic (8-Claudio Marchisio 71), 12-Alex Sandro; 21-Paulo Dybala (18-Mario Lemina 78), 9-Gonzalo Higuain, 17-Mario Mandzukic

Pelatih: Massimiliano Allegri

Wasit: Felix Brych (Jerman) (FTN)

 

Terpopuler

To Top