Pilkada DKI

Siapakah Pemenang Head to Head Pilkada DKI 2017? BACA Hasil Survei KedaiKOPI di Sini


31 October 2016, 11:43
Dilihat   1.9K

Nusantarakini.com, Jakarta-

Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) kembali meluncurkan hasil survei Opini Publik Bertajuk “Kata Publik Jakarta Tentang Cagub-Cawagubnya” . Hasilnya antara lain, elektabilitas pasangan calon petahan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat terus ditempel ketat dua pasangan lainnya, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

“Elektabilitas Ahok-Djarot 27,5 persen, Anies-Sandi 23,9 persen sedangkan Agus-Sylvi 21 persen,” kata Founder KedaiKOPI, Hendri Satrio di Kedai Dua Nyonya, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2016).

Kendati demikian, banyaknya jumlah swing votters yang mencapai hingga 27,5 persen masih cukup signifikan untuk mempengaruhi perubahan perolehan jumlah suara, apalagi keunggulan Ahok-Djarot hanya unggul tipis dibandingkan dengan dua pasangan yang lain.

“Suara mengambang ini yang masih bisa diperebutkan tiga pasangan tersebut. ‎Jadi ini peluang bagi paslon lain untuk mengejar elektabilitas Ahok-Djarot semakin terbuka,” ujar Hendri.

Survei ini dilakukan pada tanggal 19 Oktober sampai 24 Oktober 2016. Jumlah responden 694 orang tersebar secara proporsional di 78 kelurahan di 6 Kab/Kota di DKI Jakarta. Pemilihan sampel dalam survei ini menggunakan metode sample acak bertingkat (multistage random sampling) dengan Margin Of Error (MoE) sebesar +/-4%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Menurut Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Sri Aryani, hasil survei ini juga memberikan pertanyaan tentang “siapakah calon yang dapat mengalahkan petahana?”. Mayoritas responden menjawab Anies Baswedan dan Agusharimurti Yudhoyono.

“Dan hasilnya, kedua nama tersebut mendapatkan persentase yang sangat tipis, yaitu Anies Baswedan dengan persentase sebesar 40,60% dan Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 40,10%,” kata Sri Aryani dalam rilisnya yang diterima redaksi Nusantarakini.com.

Sedangkan simulasi yang dilakukan KedaiKOPI bila pilkada masuk ke putaran kedua, hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 37,3% vs Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga UNO 43,9%.
  • Pasangan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni 48,1% vs Pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat 33,9%.
  • Pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno 39,2% vs Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni 39,8%.
  • Sementara sisanya tidak tahu atau tidak menjawab. (*mc)

 

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!