Pilkada DKI

Anies Teken Kontrak Politik, Warga Tanah Merah Siap Menangkan Pilkada DKI 2017. SIMAK Isinya di Sini

Nusantarakini.com, Jakarta-

Oleh-oleh dari kegiatan “Menyapa Warga Tanah Merah dengan Cinta,” di Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara; Anies meneken dan membawa pulang “surat kontrak politik” yang disodorkan warga sekitar.

Anies disodorkan kontrak politik oleh warga Tanah Merah yang berisi antara lain melegalisasi kampung-kampung yang dianggap ilegal. Kampung-kampung itu sudah ditempati warga selama 20 tahun dan tanahnya tidak bermasalah, kemudian akan diakui haknya dalam bentuk sertifikasi hak milik.

Kemudian permukiman yang kumuh tidak digusur, tetapi ditata seperti Kampung Tematik dan Kampung Deret. Permukiman kumuh yang berada di atas tanah negara (BUMN) akan dilakukan negosiasi yang melibatkan masyarakat. Gubernur akan menjadi mediator supaya warga tidak kehilangan hak atas tanah, kemudian memberikan perlindungan dan penataan ekonomi informal kepada warga.

Anies juga diharapkan tetap mempertahankan kebudayaan dan kearifan lokal yang sudah ada dan tumbuh di kampung-kampung Jakarta. Anies juga diminta mengkaji ulang dan merivisi Perda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Provinsi DKI Jakarta dalam hal zonasi.

Anies tidak boleh mengubah fungsi permukiman penduduk menjadi pusat perniagaan, apartemen, dan lahan terbuka hijau. Anies juga diminta lebih mengutamakan kepentingan warga yang sudah menghuni lebih dari 20 tahun.

Menanggapi permintaan warga, Anies mengaku siap untuk melakukan hal tersebut. Namun, ia meminta bantuan warga untuk memenangkan dirinya saat Pilkada DKI 2017 nanti.

“Kalau 15 Februari 2017 (pemilihan gubernur) saya terpilih, insya Allah itu akan terlaksana,” ujar Anies sambil menandatangani kontrak politik yang diajukan warga Tanah Merah seperti dilansir Teropongsenayan.com.

Sementara itu Koordinator Forum Tanah Merah Bersatu, Purwanto memngatakan, warga Tanah Merah siap memenangkan Anies dalam Pilkada DKI 2017, dengan syarat, saat nanti menjabat, Anies tidak asal menggusur permukiman warga.

“Kami siap menangkan Anies-Sandi di sini . Dulu saja Jokowi menang di sini 90 persen. Insya Allah nanti pak Anies bisa menang 100 persen di Tanah Merah,” kata Purwanto. (*mc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top