Budaya

Buka Puasa di Jogja? Ini Daftar Masjid Terkenal Karena Takjil Gratis dan Lezat


11 June 2017, 15:41
Dilihat   1.8K

Nusantarakini.com, Jakarta – 

Yogyakarta nampaknya masih tetap spesial di hati hingga di Bulan Ramadhan. Para pelancong dan anak kos yang ingin berbuka, tak perlu takut kelaparan di kota pelajar ini. Malah mereka justru bisa berbuka dengan hidangan takjil yang enak, lezat, ditambah gratis pula.

Sampai saat ini, sudah tercatat ada 8 masjid istimewa di Yogyakarta yang terkenal karena takjil lezat serta tidak perlu membayar sepeser pun.

1. Masjid Jogokaryan

Berdasarkan info dari mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, masjid Jogokaryan telah menyediakan 1500 porsi takjil setiap harinya.

Itu artinya selama Bulan Ramadhan, terdapat 45 ribu takjil yang disajikan. Menunya pun beragam, mulai dari soto, bakso, gudeg, bahkan rawon. Datang lebih awal lebih baik supaya kebagian tempat duduk.

2. Masjid At Taqwa Minomartini

Masjid At Taqwa berada di Ngaglik, Sleman. Buka di masjid ini lumayan seru karena sembari menunggu berbuka, pihak pengelola masjid juga kerap menghadirkan tamu-tamu yang tak terduga. Semisal Tere Liye.

Masjid At Taqwa Minomartini juga terkenal karena menu berbuka yang dihadirkan secara prasmanan. Untuk 10 hari terakhir, pengelola masjid juga menyediakan menu sahur untuk para pelaku iqtikaf.

3. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman adalah induk dari lima masjid Pathok Negoro dan masuk sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia.

Menu khusus yang disajikan tiap hari Kamis dan menjadi ikon Masjid Kauman adalah gulai kambing.

Masjid Gedhe Kauman juga terkenal karena porsi takjil yang bisa membuatmu kekenyangan.

4. Masjid KH Ahmad Dahlan

Masjid KH Ahmad Dahlan UMY adalah berkah bagi anak kos yang ada di sekitarnya. Kenapa? Soalnya masjid ini menyediakan menu berbuka dan sahur gratis.

Warga dari daerah UMY, Kasihan, Bantul, juga kerap datang ke sini. Oiya, lansekap sekitar masjid cukup bagus untuk hunting foto lho.

5. Masjid Nurul Ashri Deresan

Masjid Nurul Ashri Deresan menjadi favorit para anak muda untuk ngabuburit.

Suasananya yang nyaman dan sejuk membuat masjid ini menjadi pusat aktivitas sore di Bulan Ramadhan.

Ada yang berolahraga, sekedar berbincang di teras masjid, hafalan Qur’an oleh anak-anak, dan banyak lagi. Maka tak heran menu takjilnya pun istimewa.

6. Masjid Syuhada

Masjid Syuhada berada di wilayak Kotabaru. Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat masjid ini ramai kegiatan.

Tepatnya di Jalan Dewa Nyoman Oka Nomor 13, Kotabaru. Selain buka bersama, ada pengajian, kegiatan amal, donor darah, diskusi, bedah buku, dan lain sebagainya.

7. Masjid Kampus UGM

Masjid Kampus UGM terkenal sebagai satu dari masjid terbesar di Asia Tenggara. Konon untuk kuota menu berbuka, tersedia 1000 porsi tiap harinya.

Kebanyakan yang datang adalah mahasiswa kampus itu sendiri. Jumlahnya menurun ketika memasuki akhir bulan puasa karena banyak mahasiswanya yang sudah pulang kampung.

8. Masjid Pogung Raya

UGM terpisah oleh Jalan Kaliurang menjadi kampus timur dan barat. Kampus timur diisi fakultas sosial, sementara kampus barat didominasi fakultas eksakta.

Masjid Kampus UGM berada di area kampus timur. Kampus barat pun punya masjid andalannya sendiri, yaitu Masjid Pogung Raya.

Menu spesial yang selalu ada di masjid ini tiap berbuka adalah susu coklat

Sudah punya tujuan ke mana kamu akan berbuka puasa nanti? [mrm/epp]

*Sumber: EPP, Grup Whatssap KAGAMA MUDA.

Facebook Comments

Most Popular

To Top
error: Content is protected !!
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu